Lihat ke Halaman Asli

Peran KKN - Kelompok 16 Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam Membantu Kegiatan Posyandu

Diperbarui: 17 Agustus 2023   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dokumentasi pribadi)

Mahasiswa KKN Kelompok 16 Universitas Muhammadiyah Surabaya ikut serta dalam membantu posyandu untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta metabolisme anak dan lansia, Senin, 07 Agustus 2023. Acara tersebut bertempat di kediaman salah satu perangkat desa di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang. Dalam pelaksanaan posyandu, masyarakat desa dibagi menjadi 2 kelompok yakni lansia dan balita.

Kegiatan ini dilakukan setiap sebulan sekali, kegiatan pertama merupakan penimbangan bayi, kegiatan ini dilakukan untuk memantau pertumbuhan bayi serta mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita, selanjutnya dilakukan pengukuran tinggi kemudian balita akan mendapatkan pelayanan imunisasi sehingga dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti TBC, Polio, Penyakit Kuning dan lainnya.

Tidak hanya pemeriksaan pada balita, mahasiswa KKN juga aktif dalam kegiatan posyandu lansia. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan rutin, dan lain-lain. Kegiatan Posyandu ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan lansia secara rutin dan memberikan pengobatan bagi lansia yang menderita penyakit dengan harapan lansia di Desa Ngadirejo terjamin kesehatannya.

posyandu2-64dd6e20633ebc497123e942.jpg

(dokumentasi pribadi)

Sebagai tambahan, mahasiswa KKN juga memberikan edukasi mengenai stunting serta penyuluhan tentang cara hidup sehat dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk jangkauan secara menyeluruh terhadap 4 Dusun di Desa Ngadirejo, pemantauan kesehatan bagi balita dan lansia ini aktif dilaksanakan satu kali di tiap Dusun secara bergantian. Kebutuhan pelayanan kesehatan dan sosialisasi isu kesehatan juga disesuaikan dengan keadaan tiap dusun, sehingga tiap individu dipastikan mendapatkan peningkatan terhadap kualitas kesehatannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline