Lihat ke Halaman Asli

Atmosfer Trance di Panggung Hangayomi Ngayogjazz 2023

Diperbarui: 22 November 2023   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Petang hari pada tanggal 18 November 2023 di dusun Gancahan, Sidomulyo, Godean, Sleman. Orang-orang sedang merayakan Ngayogjazz 2023, alunan musik jazz terdengar silih berganti. Tepatnya di panggung Hangayomi para penonton sudah memenuhi halaman di sekitar panggung, menikmati penampilan yang disajikan oleh para musisi jazz.

Mendekati pukul 19.50, sembari penampilan berikutnya tengah dipersiapkan, MC menyapa penonton. Obrolan yang ringan dan jenaka meramaikan suasana, kemudian setelah para musisi berada di atas panggung MC pun memperkenalkan penampil berikutnya. Antara lain Samy Thiebault dan Felipe Cabrera, musisi jazz Prancis. Ditemani oleh dua orang musisi lokal yaitu Neo (piano) dan Dimas (drum). Kemudian penyajian oleh para musisi dimulai.

Lagu pertama diawali oleh intro pada saxophone, improvisasi mengalir secara bebas. Melodi saxophone mengalun berurutan, dilanjutkan oleh melodi piano menyajikan permainan sekwens yang menarik perhatian.

Pada lagu ke dua terdengar solo saxophone, disusul oleh irama yang rancak. Improvisasi pada piano dan penonton diajak tepuk tangan bersama. Kemudian Samy Thiebault sang pemain saxophone memperkenalkan para musisi, yaitu Neo pada piano, Dimas pada drum dan Felipe Cabrera pada double bass.

Lagu ke tiga berirama ringan, dipenuhi oleh improvisasi double bass. Kemudian lagu ke empat diawali oleh intro pada double bass, lalu melodi pada saxophone dan untaian melodi pada piano.

Pada lagu ke lima para musisi bernyanyi bersama dilanjutkan oleh ritme drum yang dinamis dan membangkitkan suasana. Pemain saxophone menyanyikan lirik Awe... Awe.... Improvisasi pada piano terdengar dinamis, dengan melodi yang rapat dan cepat. Terdengar tema pada saxophone kemudian permainan secara tutti (memainkan hal yang sama) pada saxophone dan double bass. 

Melodi pada saxophone semakin rancak dan dinamis, begitu juga permainan pada piano yang semakin dinamis. Permainan dinamika dan tempo musik semakin meningkat, kemudian terlihat seorang penonton yang menari-nari menuju ke depan panggung dari tempatnya semula.

Fenomena pada malam hari tersebut memiliki atmosfer mirip dengan tradisi lokal yang melibatkan peristiwa trance di dalamnya. Sungguh sebuah pengalaman yang unik dan berharga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline