Lihat ke Halaman Asli

Penampilan Memukau Jeremie Ternoy Trio Di Jazz Mben Senen

Diperbarui: 30 Juli 2023   06:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kelompok musik Jeremie Ternoy Trio sudah bermain bersama selama 20 tahun, sejak masa muda. Dalam kesempatan di Jazz Mben Senen tersebut mereka membawakan karya-karya komposisi sendiri.

Setelah pembawa acara membacakan sinopsis mengenai kelompok musik Jeremie Ternoy Trio dan memperkenalkan satu-persatu para pemain, dimulailah penampilan kelompok musik tersebut.

Pada saat komposisi pertama dibawakan, terdengar tehnik legato pada contrabass. Musik yang dimainkan terkesan tenang, kemudian muncul kesan konflik pada melodi keyboard dan contrabass lalu tenang sejenak. Setelah itu musik menjadi dinamis, terdengar improvisasi dalam tempo yang cepat, tehnik rall yang dibawakan pada drum mengundang rasa kagum, variasi ritme dan tehnik disajikan dengan sangat mahir, malam hari itu menjadi saksi bahwa drum mampu berbicara dalam sebuah rangkaian improvisasi jazz.

Komposisi ke dua dimulai dengan intro oleh contrabass, kemudian sepanjang komposisi yang dibawakan diisi oleh sebuah solo contrabass, hingga disusul oleh keyboard memainkan frase tanya yang diulang-ulang. Disertai ritme drum yang tegas, improvisasi pada contrabass terasa begitu leluasa, improvisasi yang menawan pada drum, improvisasi keyboard dengan style-style yang bervariasi. Untaian melodi yang rapat serta pola melodi yang diulang-ulang mengantarkan pada bagian selanjutnya. Terdengar melodi pada keyboard menjadi landasan improvisasi contrabass, bagaikan warna dasar pada sebuah kanvas yang kemudian dipenuhi oleh goresan-goresan.

Pada komposisi ke tiga, diawali dengan intro oleh drum, dimana sang pemain menabuh drum menggunakan tangan. Kemudian terdengar improvisasi pada contrabass, lalu memainkan tema dan disusul oleh variasi melodi pada keyboard, yang kemudian menghadirkan klimaks. Lalu terdengar tema yang dimainkan secara bersama-sama, di penghujung penampilan tema itu pun yang mengakhiri komposisi tersebut.

Bunyi perkusif menjadi ciri khas komposisi ke empat, para pemain memainkan melodi secara tutti (bersama-sama), dilanjutkan dengan improvisasi masing-masing pemain. 

Komposisi ke lima diawali dengan intro oleh keyboard, sekilas terdengar permainan melodi secara bolak-balik. Drum menghadirkan bunyi perkusif mirip ritme permainan kastanyet, kemudian dilanjutkan oleh permainan contrabass dengan tempo cepat, membawa konflik dengan nuansa yang beragam.

Pada komposisi ke enam hadir tema frase tanya dan jawab yang diulang-ulang, disusul oleh improvisasi pada drum. Dilanjutkan oleh improvisasi pada keyboard, disertai pola permainan drum yang dinamis. Permainan perkusif pada drum menghantarkan pada akhir komposisi.

Setelah komposisi ke enam selesai dibawakan, para pemain berdiri di atas panggung dan akan mengakhiri penampilan pada malam itu. Namun penonton pun riuh berseru agar memainkan buah karya kembali. Kemudian dimainkanlah sebuah komposisi yang terkesan tenang, yang menjadi penutup penampilan Jeremie Ternoy Trio di Jazz Mben Senen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline