Lihat ke Halaman Asli

I PtGd

SMA Negeri 10 Denpasar

Pengaplikasian Genome pada Kecerdasan Buatan dalam Biomedikal

Diperbarui: 31 Desember 2023   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Artificial intelligence (AI) yang dikenal sebagai kecerdasan buatan yang mana merupakan suatu ilmu computer yang dirancang agar teknologi dapat membantu pekerjaan manusia. AI sendiri telah bekrmbang sangat pesta di Indonesia karena kebermanfaatannya untuk masyarakat. Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya. Beberapa bidang yang telah memanfaatkan AI adalah bidang Pendidikan, bidang ketahanan pangan, bidang birokrasi, dan bidang kesehatan. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh AI adalah kecerdasan buatan bersifat permanen, kecerdasan buatan lebih cepat penyebarannya, lebih murah dibandingkan kecerdasan alami, bersifat konsisten, dapat didokumentasikan, dapat bekerja lebih cepat dan mampu lebih baik dari kecerdasan alami.

Biomedis adalah pengobatan utama atau pengobatan konvensional adalah cabang ilmu kedokteran yang menerapkan prinsip biologis dan fisiologis dalam praktik klinis. Dalam biomedis juga menggunakan AI. Penerapan AI di bidang kedokteran memberikan sitra yang baik di dunia medis menjadi lebih efisien dan akurat. AI dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kelas seperti visi komputer, analisis deret waktu, jenis tugas pengenalan suara, dan pemrosesan bahasa alami. Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki tugasnya msing-masing dalam didunia medis. Adapun beberapa penggunaan AI dalam bidang kesehatan dapat dipaparkan sebagai berikut.

Pertama penggunaan AI pada pendiagnosisan penyakit. Pemanfaatan AI dalam mendiagnosis penyakit dapat berupa gambar medis maupun data medis. Gambar medis contohnya adalah analisis pemindaian sinar-x, CT scan, MRI dan dilanjutkan dengan analisis dilakukan dengan menggunakan sistem AI. Selain itu AI juga dapat dimanfaatkan dengan mengenali riwyat penyakit dan data psien untuk membantu mendiagnosis penyakit yang dimiliki pasien tersebut. AI dapat membantu dokter menganalisis lebih akurat termasuk memberikan prediksi penyakit yang diderita pasien. Pemanfaatan AI juga memberikann manfaat riwayat penyakit dan rekam medis yang tersimpan dengan baik sangat bermanfaat dalam mempercepat tindakan pendukung seperti obat, laboratorium, radiologi dan tindakan. Namun kecerdasan teknologi tersebut tidak terlepas dari ilmu pengetahuan yang telah ditanamkan pada AI tersebut.

Perawatan pasien dapat pula memanfaatkan AI. Perawatan pasien menggunakan AI merupakan landasan untuk perawatan yang lebih baik dan efisien. Beberapa contoh perawatan menggunakan AI adalah penganalisisan hasil laboratorium dengan AI, membantu mengelola data pasien, dapat membantu meringankan tenaga medis dalam halnya mengangkat pasien, memindahkan pasien dan lainnya. Pengobatan terapi pasien tentunya akan lebih efisien apabila menggunakan AI serta masih banyak penerapan AI dalam merawat pasien. Selain dua hal tersebut AI juga dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan obat pasien. Hal ini dibuktikan dengan teknologi yang mampu mendesain dan menemukan obat baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline