Lihat ke Halaman Asli

I Made Samuel Raharja

A Proud Father

Anak Jaman Now dan Kemandirian

Diperbarui: 3 November 2022   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: myplayroom.ru


Abad 21 dikenal sebagai era globalisasi dengan diikuti semakin intensnya aktivitas setiap individu yang ada didalamnya. Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan bagi individu yang memilih untuk menjadi orang tua muda saat ini. Tuntutan karir menyebabkan para orang tua mengalami dilema dengan urusan kebutuhan anak mereka. 

Kebutuhan seorang anak bukan hanya terbatas pada sandang, pangan dan papan; namun juga kebutuhan lainnya seperti pendidikan, keterampilan dan tata perilaku. 

Kemandirian yang merupakan salah satu aspek dari kebutuhan untuk dilatih pada anak usia dini seringkali terabaikan. Peran orang tua yang pada umumnya digantikan oleh pengasuh dimana seringkali membuat anak menjadi ketergantungan untuk selalu dibantu dalam aktivitas kesehariannya. Sehingga ini menjadi titik penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua bahwa fase perkembangan anak memiliki dimensi yang luas dan perlu untuk dicermati.

Ada satu kutipan dari salah satu tokoh pendidikan Maria Montessori yang sangat menarik untuk disimak bersama:

"As the caterpillar and the butterfly are very different in their appearance and their manifestations, and yet the beauty of the butterfly is a consequence of its life in the caterpillar state, and cannot come from imitating the example of another butterfly. To build the future it is necessary to monitor the present. The more we take care of the needs of a period, the greater success the following period will have"

(The Absorbent Mind, Mara Montessori, Editorial Diana, 1998, p. 245).

Menurut beliau perkembangan seorang anak bisa diibaratkan sebagai seekor kupu - kupu. Keindahan yang dimiliki oleh kupu - kupu merupakan hasil dari pemenuhan setiap tahap perkembangannya bukan karena hasil meniru kupu - kupu yang lain. Sehingga seorang anak yang dipenuhi kebutuhan perkembangan di setiap tahapannya akan memiliki kemungkinan untuk berhasil lebih besar saat dewasa nanti.

Montessori mengembangkan metode pendidikan yang menekankan pada anak itu sendiri. Setiap anak diberikan kebebasan yang bertanggung jawab untuk memilih aktivitas pendidikan yang diinginkan. Aktivitas pendidikan ini didesain sedemikian rupa oleh guru maupun orang tua melalui pengamatan yang detail sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan minat dari sang anak. 

Aktivitas - aktivitas dalam metode montessori merujuk pada istilah sensory rich atau perkembangan sensory seutuhnya sejalan dengan pertumbuhan kognitif dan kemampuan motorik.

Untuk melatih kemandirian anak, Montessori menyarankan untuk memberikan pembelajaran mengenai keterampilan hidup sehari - hari. Contoh yang sangat sederhana dan dapat dipraktekkan di rumah adalah menuangkan air dari wadah kaca ke gelas- gelas yang lebih kecil. Anak akan berusaha mengangkat wadah yang berisi air dan fokus berpikir untuk menuangkan dengan tepat ke mulut gelas - gelas yang lebih kecil. 

Saat mengangkat wadah disitulah motorik anak dilatih dan fokus dapat melatih daya pikir atau kognitif anak. Ketika air yang dituangkan tumpah di luar gelas yang dimaksud, anak diajarkan untuk menggunakan spons agar mengeringkan air tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline