Lihat ke Halaman Asli

I Made Wira Ananta Sesana

Menulis untuk dinikmati

Opini: Pentingnya Pemanfaatan TIK untuk Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Diperbarui: 15 Desember 2022   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di era kemajuan teknologi ini, perlu adanya inovasi dan kreatifitas dari guru dalam memberikan pembelajaran di sekolah dasar. Penggunaan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran dapat melalui pemanfaatan computer ataupun laptop sebagai sumber pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pembelajaran melalui media dan sumber belajar dapat merangsang minat, pikiran dan perhatian peserta didik kepada materi pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Pemanfaatan Teknologi yang baik perlu dilakukan dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran, khusunya di Sekolah Dasar. Dimana dalam hal ini guru sebagai tenaga pendidik dituntut untuk mampu dalam menguasai teknologi dengan baik dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu alat penunjang pembelajaran melalui teknologi perlu diperhatikan lebih lanjut. Dalam merangsang pikiran dan perhatian peserta didik melalui media pembelajaran berbasis teknologi, perlu adanya alat dan media seperti laptop atau komputer, proyektor, internet, email, presentasi power point dan media digital lainnya yang menunjang pembelajaran berbasis teknologi.


Menurut Mulyasa (2010) sumber belajar adalah rujukan, objek dan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sehingga sumber belajar sangat penting bagi guru maupun peserta didik, dam guru wajib untuk selalu merombak dan berinofasi mengenai sumber atau media pembelajaran yang baik bagi peserta didik serta berbasis tekonologi. Dalam hal ini guru tidak hanya sebagai sumber dan pemberi ilmu, akan tetapi guru juga sebagai seorang fasiliator bahkan sebagai teman belajar peserta didik. Oleh karena itu guru sebagai tenaga pendidik setidaknya mampu dalam menguasai Teknologi, karena hal ini sangat penting kedepannya dalam meningkatkan pembelajaran di SD. Dalam mempelajari teknologi guru bisa mengikuti pelatihan, seminar, dan workshop mengenai teknologi pendidikan.

Sekarang ini guru harus mampu mengaplikasikan teknologi ke dalam pendidikan khusunya pembelajaran sebagai bentuk inovasi. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan karena Inovasi yang dilakukan tidak lain adalah agar guru dapat mengimbangi dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu terdapat perkembangan lain yang melatarbelakangi TIK dalam pembelajaran yaitu karakteristik peserta didik yang sudah mengalami perubahan dan jauh berbeda dari sebelumnya. Seperti yang kita ketahui selama ini bahwa generasi milenial atau sering disebut generasi Z adalah anak yang mempunyai kepribadian unik yang harus juga ditangani dengan cara yang berbeda dan unik.

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran agar berhasil dengan baik dan sesuai dengan keinginan atau rencana pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang digunakan pendidik kepada dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran dibuat agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, yang mana dapat menunjang keberhasilan peserta dan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Karakteristik media dibagi dua yaitu sebagai penyalur dan media informasi dan berprinsip efektif dan efisien Budiyono (2020). Oleh karena itu dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi ajar dalam proses belajar mengajar.

Media pembelajaran berbasis teknologi yang biasa digunakan oleh tenaga pendidik berupa komputer, laptop, LCD Proyektor, internet dan lainnya. Selian itu informasi yang ada di internet dapat dipakai sebagai bagian dari bahan pembelajaran yang baik dan layak digunakan. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif antara pendidik, peserta didik serta lingkungan belajarnya. Media sendiri perlu adanya campur tangan guru dengan perencanaan, pemilihan dan ketepatan pengoprasian media, yang nantinya dijadikan media pembelajaran yang bisa memberikan kontribusi dan manfaat bagi pembelajaran. Media pembelajaran ini tidak hanya untuk kepentingan sendiri, tapi bagaimana guru atau pendidik menyampaikan materi pembelajaran gar bisa dimengerti dan menimbulkan suatu rangsangan atau stimulus kepada peseta didik. Memberi rangsangan yang dimaksud adalah bagaimana peserta didik mampu terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, yang mana peserta didik juga aktif dalam pembelajaran. 

Media pembelajaran berbasis TIK yang baik digunakan untuk siswa SD misalnya penggunaan Power Point, Canva, dimana kedua media ini dapat membantu pendidik dalam membuat media pembelajaran yang baik, serta perlunya desain yang kreatif dan menarik agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Selain itu, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi bisa juga melalu web, dengan mencari games interaktif yang nantinya digunakan dalam pembelajaran, sehingga mampu merangsang siswa agar aktif. Selain itu guru bisa membuat video pebelajaran yang kreatif serta unik dengan memperhatikan karakteristik peserta didik di kelasnya. Mencari aplikasi untuk pembuatan animasi dan video pembelajaran sangat banyak di internet. Oleh karena itu sebagai pendidik atau calon pendidik khusunya di Sekolah Dasar perlu menguasai yang Namanya literasi ICT atau literasi digital agar dapat membuat media pembelajaran yang bermanfaat bagi pendidik maupun peserta didik itu sendiri yang merupakan generasi milenial atau generasi Z. Media pembelajaran yang baik dapat membantu tenaga pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline