Lihat ke Halaman Asli

hyunji lee

pelajar

Kepercayaan dari Zaman Presejarah Turun Temurun

Diperbarui: 15 November 2022   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah adalah tempat kita dapat mempelajari bagaimana kehidupan bekerja di masa lalu hingga masa kini, hubungan perkembangan masa kini dan harapan masa depan, sejarah harus menyelidiki apa yang terjadi pada masa sekarang, kapan itu terjadi, dan bagaimana hal itu terjadi (Collingwood, 1945). Sejarah membantu siswa memahami kondisi sosial, agama, politik, dan ekonomi saat ini. 

Alasan mengapa kita memiliki sejarah adalah agar kita dapat mengetahui dari masa lalu kita hingga masa depan hari ini. Ini membantu kita belajar dan mempelajarinya karena kita dapat melihat diri kita di masa lalu dan mempelajari semua hal, keyakinan, alat, dan tindakan yang salah. Sejarah yang paling kita butuhkan adalah keyakinan dan keragaman, keyakinan adalah ketika seseorang percaya, penuh keyakinan, dan berkomitmen penuh bahwa mereka menerima itu adalah kebenaran, sedangkan keragaman adalah ketika ada berbagai atau banyak hal seperti perbedaan. Bahasa, ras yang berbeda, asal yang berbeda, dan budaya yang berbeda tetapi semuanya berada di satu tempat, kelompok, atau organisasi.

Sejarah memiliki proses alat, peralatan, gaya hidup, dan penggunaan pengetahuan dari pra-literasi hingga saat ini, zaman batu dapat diurutkan menjadi 6 zaman budaya dari Paleolitik, mesolitik, neolitik, megalitik, zaman perunggu, dan zaman modern. Zaman Paleolitik (zaman batu tua), alasan orang menyebutnya zaman batu tua karena pada saat itu manusia menggunakan alat-alat batu buatan manusia yang belum diasah tetapi alat-alat itu digunakan untuk kehidupan sehari-hari dan mereka belum memilikinya. t bercocok tanam karena mereka masih hidup nomaden. Zaman Mesolitikum (zaman batu tengah) adalah dimana manusia tahu bagaimana memulai bertani dan mengumpulkan makanan, sudah tahu cara menggambar atau melukis di dinding menggunakan arang dan oker untuk menunjukkan atau mencerminkan kehidupan sehari-hari mereka, alat-alat mereka dibangun menggunakan kasar dan bebatuan tajam seperti serpihan dan tulang belulang, kehidupan semi nomaden seperti hidup di tempat-tempat seperti gua dan pantai.

Zaman Neolitik (zaman batu muda) adalah masa prasejarah dimana manusia mampu mengolah alat-alat tajam, membuat dan memelihara sistem peternakan, mengembangkan pertanian, hidup menetap, dan mengembangkan rumah kerajinan tempat tinggal, cth: desa. Zaman megalitik (zaman batu besar) adalah masa dimana manusia mampu menciptakan logam dan mampu menghasilkan dalam budaya megalitik seperti menhir, batu kubur, patung batu, waruga dan lainnya. Zaman perunggu adalah ketika orang mulai menggunakan perunggu sebagai pengganti batu sebagai bahan untuk membuat alat dan senjata yang lebih besar dari sebelumnya dan terkenal dengan peradaban mesir kuno dan dinasti shang di Cina. 

Era modern adalah di mana masa sekarang atau masa sekarang yang sekarang kita menggunakan alat-alat canggih, teknologi untuk kehidupan kita sehari-hari, dan bidang yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Dalam setiap proses era pra-literasi, manusia memiliki keyakinan yang dapat kita percayai untuk memberi kita arahan dan memiliki makna tujuan hidup. Ada 3 jenis sistem kepercayaan pada zaman pra-literasi yaitu animisme adalah kepercayaan bahwa arwah dan jiwa nenek moyang kita masih hidup di sekitar kita dan kita meminta perlindungan kepada arwah leluhur dan meminta keselamatan, kesuburan, kesehatan dan lain-lain dari leluhur. roh meskipun juga dapat membahayakan manusia juga, dinamisme adalah kepercayaan bahwa suatu benda tertentu memiliki kekuatan gaib atau roh di dalam yang memiliki kemampuan untuk memberikan kita keselamatan, dan totemisme adalah kepercayaan tentang hubungan antara orang atau individu dan totem , totem seperti hewan dan tumbuhan dianggap suci sehingga orang-orang dari suku atau klan percaya bahwa totem memiliki kekuatan khusus yang mewakili kekuatan khusus dan mereka percaya bahwa totem adalah pelindung, pelindung, dan dewa mereka (Hasa, 2020).

Kepercayaan pada zaman prasejarah memiliki proses yang berbeda dari dulu hingga sekarang, pertama zaman paleolistik adalah ketika kepercayaan anisme sudah mulai ada tetapi manusia tidak mempermasalahkan kepercayaan tersebut karena mereka hanya fokus berburu. makanan dan kelangsungan hidup (www.kompas.com) . Kedua, zaman mesolitikum yaitu ketika banyak orang mulai mempercayai animisme dan dinamisme pada saat itu, kepercayaan mereka didasarkan pada keinginan untuk hidup sejahtera dan nyaman. oleh karena itu, mereka mulai percaya pada roh. Ketiga zaman neolitikum, kepercayaan animisme dan dinamisme mulai tumbuh tetapi manusia tidak lagi berpusat pada kepercayaan ini karena manusia pada zaman neolitik lebih fokus bertani untuk bertahan hidup dan membuat rumah seperti zaman paleolistik. Keempat zaman megalitik adalah kepercayaan mulai dipercaya kembali, kepercayaan animisme lebih dominan di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan sisa-sisa sarkofagus, dolmen, dan lainnya. Kelima zaman perunggu dimana animisme dan kepercayaan lain tidak diprioritaskan bagi manusia purba karena pada zaman perunggu manusia sudah mengenal pekerjaan dasar/tugas baru dan mengenal pembagian kerja yang masing-masing tugas dilakukan oleh orang-orang yang terpisah. Oleh karena itu mereka tidak terlalu peduli dengan kepercayaan.

Sementara itu, era modern di masa sekarang Indonesia masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme tertua sampai Islam datang dan masa hindu buddha, meskipun akan ada conflik dalam agama mereka karena dalam semua agama akan ada keyakinan dan praktik yang berbeda, diskriminasi dapat menyebabkan orang memperlakukan individu lain secara berbeda, kurangnya agama atau kepercayaan, dan rasisme. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda tentang keyakinan beberapa percaya itu benar sementara beberapa tidak, mereka berpikir bahwa mereka perlu menunjukkan dan membuat mereka mengikuti jalan mereka dengan paksa tetapi lebih baik jika individu itu sendiri dapat memilih jalan mereka sendiri dan mempercayai keyakinan itu sendiri.

Manusia mulai mengembangkan lebih banyak pengetahuan kembali dari masa lalu, pengalaman pribadi mereka sendiri, dan menjadi akrab dengan lingkungan mereka sehingga mereka menciptakan keyakinan dan kepercayaan mereka sendiri dalam proses tetapi mereka juga menciptakan aturan. Aturan adalah instruksi yang menyatakan dan menunjukkan hal-hal di mana mereka seharusnya dan harus dilakukan, itu memberi tahu Anda apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. Ini sangat penting karena dapat menjamin keamanan dan keadilan kita di antara peradaban jika individu melanggar aturan yang memberikan konsekuensi atau hukuman serius kepada individu. Pada periode pra-keaksaraan aturan belum dibuat saat itu karena satu-satunya fokus mereka adalah untuk bertahan hidup.

Sekarang di jaman modern ini, di indonesia ada UUD 1945 yang arti lengkapnya adalah undang undang dasar, dijadikan sebagai pedoman dalam setiap peraturan yang dibuat di indonesia dan kemerdekaan untuk bernegara. Sedangkan pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang mengandung nilai nilai dasar negara indonesia dan kedudukan dasar negara pancasila bersifat tetap dan tidak dapat diubah karena memuat pembukaan UUD 1945 aline keempat, sekalipun tidak dinyatakan secara eksplisit (Putri Salma Wifia, 2022).

Berdasarkan Pasal 29 UUD 1945 yang menyatakan bahwa negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kebebasan setiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya. Menurut UUD 1945 pasal 29 artinya dari hakikat ketuhanan dan negara menjamin semua orang untuk bebas dan memeluk agamanya masing-masing dan menyembah keyakinannya sendiri, tidak ada yang bisa membeda-bedakan agama dan kepercayaan kita semua karena kita menunjukkan keyakinan dan praktik kita secara berbeda dari orang lain di sekitar kita.

Pasal 28E ayat (1) "Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal diwilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali". Artinya setiap orang perlu memeluk agamanya masing-masing dan percaya diri memilih apa yang mereka inginkan tanpa mendengar intoleransi orang lain, jadi lakukan apa yang membuat Anda bahagia saat Anda pergi dan kembali kapan pun Anda mau. Pancasila sila ke-1 bunyi 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. arti dan lambangnya adalah bangsa Indonesia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menghormati dan mengikuti firman-Nya dengan keyakinan dan agamanya masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline