Korea sudah menjadi salah satu negara yang menjadi sorotan dunia. Hal ini dapat dilihat dari pengaruh budaya hingga produk korea yang menjamah aspek kehidupan masyarakat dari variasi tontonan, budaya, lagu, hingga muncul istilah "Korean Wave". Budaya-budaya Korea, terutama Korea Selatan (Simbar, 2016).
Budaya Korea tanpa disadari telah mempengaruhi pola pikir masyarakat. Dan hal ini menjadikan masyarakat menjadi konsumtif. Budaya K-pop Wave, dilihat sebagai potensi bisnis bagi beberapa pihak. Pada dasarnya Korean Wave atau Gelombang Korea adalah terjemahan dari istilah (Hallyu) dalam bahasa Korea yang artinya adalah 'arus Han' (Simbar, 2016).
Budaya Korea yang mulai mengglobal dilihat sebagai sebuah peluang pasar yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak berjamur, fanbase-fanbase K-Pop Idol baik di dunia maya maupun di dunia nyata (Simbar, 2016).
Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H