Lihat ke Halaman Asli

Ingin Lulus Tes CPNS? Yuk Ikuti 9 Trik Jitu Ini!

Diperbarui: 23 September 2021   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: freepik

Maraknya tes CPNS yang dibuka pada tahun ini membuat orang berbondong-bondong untuk mendaftar. Minat pendaftar pun bertambah karena pada tahun 2020 sempat ditiadakan. Untuk beberapa orang tes CPNS menjadi salah satu tes yang sangat penting, maka itu disini kamu bisa mengetahui 9 trik jitu ini agar bisa lulus tes CPNS.

1. Perhatikan Jadwal Ujian, Jangan Sampai Salah

Ini merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. Ketahui jadwal tes instansi yang kamu pilih, perlu diingat bahwa setiap instansi memiliki jadwal yang berbeda-beda. Kamu dapat menandai tanggal ujian pada notes, kalender ponsel, atau pun kalender di meja belajarmu.

2. Pilih Instansi dan Jabatan yang Sesuai

Memilih instansi yang sesuai menjadi tips jitu untuk lulus cpns. Pada saat mendaftar, perhatikan bahwa kamu memilih instansi dan jabatan yang sesuai dengan pendidikanmu. Jangan sampai karena salah pilih, kamu tidak lulus di tahap awal. Pertimbangkan juga passing grade dan banyaknya pendaftar pada tahun lalu.

3. Buat Jadwal Belajar

Sesuatu yang dijadwalkan dan dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi sebuah kebiasaan. Begitu juga dengan belajar. Agar lebih efektif, kamu dapat membuat jadwal belajar di jam yang sama, hal ini bisa menjadi pendorong agar kamu lebih bersemangat lagi.

4. Perbanyak Latihan Soal Tahun Sebelumnya

source: freepik

Semakin kita mengetahui jenis soal, semakin mudah juga mengerjakannya. Berusaha dan berlatih merupakan hal yang harus kamu lakukan jika mau lulus ujian. Kamu dapat mengerjakan soal-soal tahun lalu, ikut grup pembahasan soal, atau bahkan mengikuti try out yang ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline