Lihat ke Halaman Asli

Hwihanus

Pengajar - Dosen

Budidaya Jamur Tiram Kelompok Tani Elok Mekar Sari Semolowaru Surabaya

Diperbarui: 17 Januari 2023   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kelompok Tani Elok Mekar Sari didirikan Rukun Warga 08 Kelurahan Semolowaru Kec. Sukolilo Surabaya sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra Pemerintah Daerah yang memiliki peranan sangat besar dalam memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat berdasarkan swadaya, kegotong royongan dan kekeluargaan. Kelompok Tani Elok Mekar Sari merupakan wadah berkumpulnya kader lingkungan diKelurahan Semolowaru yang siap dan sigap mengelola lahan yang masih kosong  bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat RW 08 Semolowaru untuk Rumah Jamur, Budidaya Lele, Budidaya Jangkrik dan aneka tanaman pangan.

Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat RW 08 Kel. Semolowaru Surabaya, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 yang di prakarsai oleh Dr. Tri Andjarwati, MM, Dr. Hwihanus, SE., MM., CMA dan drg. Pramita Studiviany, MM  bersama 2 orang mahasiswa melakukan pelatihan dan pendampingan budidaya jamur tiram sebagai pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan setiap semester dalam mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk dipergunakan masyarakat.

Metode pelatihan hands-on dan pendampingan bersama komunitas jamur yang ada di Surabaya yang akan mengajarkan cara menanam dan merawat jamur serta cara mengolahnya menjadi berbagai produk makanan yang bernilai gizi tinggi dengan solusi penyediaan akses informasi dan pelatihan tentang teknologi pengolahan jamur,peningkatan ketersediaan bahan baku yang berkualitas melalui program-program budi daya dan pengembangan jamur tiram, dukungan promosi dan pemasaran produk jamur yang dihasilkan melalui marketplace dan pengembangan kampanye komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaranmasyarakat akan manfaat jamur dan jenis-jenis yang dapat diolah dan dikonsumsi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline