Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Berpikir sebagai Tokoh Protagonis dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 15 Juni 2022   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar oleh FORMAT arw dari Unsplash

Karakter Utama atau biasa disebut Protagonis atau aktor utama ialah seseorang yang keputusan atau perbuatannya memengaruhi plot suatu cerita. Kata protagonis berasal dari Bahasa Yunani kuno πρωταγωνιστής, prōtagōnistḗs, yang memiliki arti yaitu "orang yang memainkan bagian pertama” atau “aktor utama." 

Protagonis sangatlah penting dan berperan banyak dalam alur suatu cerita, biasa digambarkan sebagai karakter yang paling banyak dalam menghadapi konflik dan rintangan dalam cerita tersebut.

Protagonis merupakan tokoh yang paling ditentang oleh antagonis atau bisa dibilang musuh dari antagonis. antagonis akan selalu memberikan hambatan atau komplikasi dalam cerita terhadap protagonis, selalu menciptakan konflik yang menguji karakter protagonis. Konflik ini kemudian mengungkapkan kekuatan dan juga kelemahan dari sang karakter protagonis.

Protagonis kebanyakan digambarkan sebagai orang yang baik dan tidak jahat. Meskipun dalam beberapa cerita protagonist digambarkan sebagai orang yang jahat, protagonis tetaplah menjadi penentu utama plot suatu cerita. 

Dalam beberapa cerita ada juga protagonist yang disebut anti-hero dimana protagonist tersebut tidaklah baik dan tidak jahat melainkan ditengah-tengah. 

Dalam beberapa cerita juga, ada tokoh pendukung yang baik dan menentukan suatu plot utama dalam suatu cerita yang juga terkategorikan dalam protagonis. 

Kebanyakan tokoh protagonis memiliki watak yang bertentnagan dengan tokoh antagonis, dan biasanya membawa misi kebenaran untuk kedamaian dan kesejahteraan.

Setelah mengetahui apa itu tokoh protagonis atau tokoh utama, banyak nilai yang bisa diambil dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalankan hidup yang maksimal. Diantaranya nilai-nilai tersebut adalah

  • Menghargai dan Mensyukuri hidup

Tokoh protagonis merupakan titik penentu plot suatu cerita sehingga jika kita berpikir bahwa kita adalah protagonis dalam kehidupan sehari-hari maka kita kan menghargai dan mensyukuri kehidupan yang kita miliki karena kita merupakan penentu perubaha dalam kehidupan yang kita jalani.

  • Tidak terpaku dalam masa lalu

Dengan berpikir bahwa kita adalah protagonis kita tidak akan menyesali secara berlampau-lampau perbuatan buruk atau kesalahan yang kita lakukan di masa lalu karena protagonist selalu menatap kemasa depan bukan masa lalu. Karena kita percaya akan adanya pengembangan karakter terhadap watak dan perilaku kita. 

Dengan berpikir bahwa kita protagonis yang akan karakternya berkembang kita akan selalu berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang kita lakukan di masa yang lalu dan melakukan yang terbaik menjadi sesorang yang lebih baik di masa.

  • Melakukan perbuatan yang baik dan berguna bagi orang lain
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline