Lihat ke Halaman Asli

Telekomunikasi dan Jaringan

Diperbarui: 17 April 2016   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Telekomunikasi dan Jaringan

Sebelum kita mengetahui apa itu telekomunikasi dan jaringan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa pengertian, komponen telekomunikasi dan jaringan.

Menurut saya telekomunikasi adalah penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Misalnya saya mendapat kabar bahwa didaerah A terkena bencana tsunami kemudian kabar tersebut saya sampaikan kepada orang lain, sehingga orang tersebut mengerti akan bencana didaerah A. Sedangkan jaringan adalah sebuah jaringan telekomunikasi antar komputer satu dengan yang lain untuk bertukar data, gambar, vidio dan lain-lain.

Jaringan telekomunikasi adalah perangkat telekomunikasi yang dapat menghubungkan antara pemakainya terhadap pemakai lain, sehingga antar pemakai satu dengan yang lain dapat bertukar informasi.

Dapat kita kaitkan dalam sebuah bisnis, bahwa telekomunikasi menggunakan internet dan jaringan telekomunikasi lainnya dapat mengurangi biaya, meminimalisir waktu, mengembangkan jasa dan produk-produk. Dengan kita menggunakan internet untuk berbisnis kita akan memperoleh dukungan tinggi dari konsumen, karena 60% konsumen malas untuk membeli sesuatu dengan datang langsung ke tempat sebab antrian yang panjang dan macet idi jalan merupakan salah satu alasan konsumen malas datang ke tempat. Maka dengan adanya penjualan online konsumen bisa memesan barang, mencari barang  yang mereka inginkan secara online, meski terdapat hal negatif dari penjualan online tersebut.

Sebuah jaringan dapat mengirimkan pesan ke penerima melalui saluran-saluran. Dalam sebuah jaringan terdapat 5 komponen diantaranya :

a. Terminal

b. Proses telekomunikasi

c. Komputer dalam semua ukuran dan jenisnya

d. Saluran komunikasi

e. Softwere

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline