Lihat ke Halaman Asli

Husnul Khatimah

inclusive enthusiast

Personalisasi Pembelajaran dengan Teknologi AI, Mengoptimalkan ChatGPT untuk Pendidikan yang Lebih Efektif

Diperbarui: 20 Oktober 2024   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

AI membantu memberikan ide-ide pembelajaran yang dipersonalisasi bagi setiap siswa, sumber : istimewa

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, teknologi AI seperti ChatGPT memberikan peluang luar biasa untuk mempersonalisasi pembelajaran bagi setiap murid. Dengan kemampuan yang dapat disesuaikan untuk setiap kebutuhan siswa, ChatGPT memungkinkan pendidik untuk menciptakan pendekatan belajar yang lebih spesifik dan efektif.

Seperti yang sering disampaikan oleh Anggayudha Ananda Rasa (Pak Aye), seorang konten kreator pendidikan, pendekatan "coba aja" menjadi kunci dalam mengeksplorasi teknologi baru. Tidak perlu menunggu semuanya sempurna---cukup coba dan lihat bagaimana teknologi dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Menurut Anggayudha, para guru harus berani mengambil langkah ini untuk mengintegrasikan AI ke dalam pembelajaran, agar siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih personal dan terarah.

Namun, Anggayudha juga mengingatkan bahwa "guru yang tidak fleksibel dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi bisa saja 'dia' akan tergantikan oleh teknologi itu sendiri." Ini adalah peringatan penting di era digital ini. Guru yang tidak mau terbuka dengan teknologi baru berisiko kehilangan relevansinya di dunia pendidikan yang terus berubah. Sebaliknya, guru yang mampu memanfaatkan teknologi seperti ChatGPT dapat meningkatkan keterampilan mereka dan menjadi pendamping belajar yang lebih baik untuk siswa mereka.

Salah satu keunggulan ChatGPT dalam personalisasi pembelajaran adalah kemampuannya menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa secara langsung. Untuk mengoptimalkan penggunaan ChatGPT dalam kelas, guru perlu memahami prinsip K.T.P (Konteks, Tujuan, dan Perintah). Dengan menggunakan K.T.P, guru dapat memberikan arahan yang tepat kepada ChatGPT untuk menghasilkan respons yang relevan dan bermanfaat.

  1. Konteks: Berikan informasi atau latar belakang yang jelas tentang apa yang sedang dipelajari. Misalnya, jika siswa sedang belajar tentang pecahan, jelaskan secara singkat tentang materi yang perlu ditekankan.

  2. Tujuan: Tetapkan tujuan spesifik yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Apakah tujuan ini untuk memperdalam pemahaman siswa, atau untuk menyelesaikan latihan soal? Dengan tujuan yang jelas, ChatGPT dapat memberikan jawaban yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.

  3. Perintah: Susun perintah menggunakan KKO (Kata Kerja Operasional) dengan jelas dan tepat. Ini adalah kunci agar ChatGPT tidak memberikan respons yang ngawur atau tidak relevan. Misalnya, "jelaskan-berikan contoh-buatkan-elaborasikan-dsb" Dengan kata perintah yang spesifik, ChatGPT dapat memberikan respons yang lebih terarah dan bermanfaat bagi siswa.

Penggunaan K.T.P dalam merancang interaksi dengan ChatGPT memastikan bahwa teknologi ini tidak hanya memberikan respons acak, tetapi benar-benar membantu siswa mencapai hasil belajar yang diinginkan. Selain itu, ChatGPT juga dapat memberikan variasi metode pembelajaran. Misalnya, siswa visual mungkin membutuhkan diagram, sementara siswa auditif bisa mendapatkan penjelasan dalam bentuk cerita.

Pengalaman saya sebagai guru Mulok Budaya dan Bahasa Banjar, ketika pertama kali mencoba menggunakan ChatGPT untuk membantu siswa memahami salah satu aspek budaya Banjar, sangat mengesankan. Saat itu, saya sedang mengajarkan tentang tradisi Batajak Rumah---sebuah ritual dalam budaya Banjar. Salah satu siswa tampak kesulitan memahami konsep simbolis di balik upacara tersebut. Akhirnya, saya memutuskan untuk "coba aja" menggunakan ChatGPT dengan memberikan perintah yang jelas: "Jelaskan makna budaya Batajak Rumah dalam tradisi Banjar secara sederhana, untuk siswa kelas 6."

Hasilnya, ChatGPT mampu menjelaskan konsep itu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, bahkan menambahkan contoh yang relevan tentang simbol-simbol yang digunakan dalam upacara tersebut. Ini membantu siswa memahami bahwa tradisi ini bukan hanya seremonial, tetapi juga sarat makna sosial dan spiritual. Pengalaman ini membuat saya yakin bahwa teknologi AI bisa menjadi alat pendukung yang sangat efektif, selama kita memberikan arahan yang tepat dan jelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline