Lihat ke Halaman Asli

Eruption Of Sinabung

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gunung Api Sinabung adalah salah satu gunung api aktif di Indonesia yang terletak di dataran tinggi kabupaten Karo, Sumatera Utara. Memiliki ketinggian sekitar 2.460 mdpl dan berumur antara 1,808.000 hingga 11.500 tahun yang lalu (umur batu Pleistosen).

Gunung api Sinabung masuk dalam kategori Stratovolcano atau gunung yang memiliki bentuk kerucut tajam pada puncak dan landai pada permukaan 'kaki' dikarenakan aliran lava yang membentuk gunung ini sangat kental dan mengandung banyak silika yang cepat mengeras sebelum menyebar luas.

Umumnya gunung api jenis stratovolcano ini terletak pada zona subduksi dimana lempeng samudera dan lempeng benua saling bertabrakan. Dalam catatan sejarah letusan gunung api jenis stratovolcano telah menimbulkan bahaya terbesar bagi peradaban.

Gunung api lain yang masuk kategori sejenis ialah Merapi, dan Krakatau. Erupsi terakhir pada Sabtu, 01 Febuari 2014 dan menelan korban meninggal sebanyak 15 orang. Turut berduka yang sedalam-dalamnya bagi seluruh korban letusan gunung api Sinabung. (husni)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline