Lihat ke Halaman Asli

Pandangan Feminisme terhadap Kesetaraan Gender

Diperbarui: 7 Juni 2024   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nahhh tahukah kalian bahwa yang melatar belakangi perjuangan feminisme adalah adanya keinginan untuk mencapai kesetaraan gender dan menentang ketidakadilan terhadap perempuan. Gerakan feminisme mengembangkan sebuah teori gender untuk menyoroti posisi perempuan terhadap masyarakat. Terdapat empat pandangan feminisme terhadap perbedaan peran gender yaitu:

1. Feminisme Liberal, Feminisme liberal fokus pada akses pendidikan, partisipasi anak perempuan di sekolah, program pelayanan untuk keluarga kurang beruntung, dan penuntutan kesetaraan pendidikan tanpa mengancam.
2. Feminisme Marxis-Sosialis, Menurut pandangan feminisme ini ketidaksetaraan pendidikan disebabkan oleh institusi pendidikan yang memperkuat ketidakadilan ekonomi. Pendidikan dijadikan bisnis untuk keuntungan pribadi, menyebabkan eksploitasi dan kebodohan secara terus menerus.
3. Feminisme Radikal, Menurut feminisme radikal adanya penolakan institusi keluarga dan memperjuangkan kebebasan perempuan dalam ruang privat dan persahabatan, itu bertentangan dengan pandangan agama tentang keluarga.
4. Poststrukturalis dan Postmodernisme, Pada feminisme ini mengajak yang terlibat dalam pendidikan untuk melakukan perubahan kurikulum untuk menghapus adanya ketidaksetaraan gender dalam pendidikan dan menunjukkan bagaimana pendidikan memperkuat stigma negatif terhadap perempuan melalui bahasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline