Lihat ke Halaman Asli

Den Ciput

I'm a writer...

Apa Beda Jimny dan Katana?

Diperbarui: 23 Mei 2023   11:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Suzuki Super Jimny 4x4 tahun 1989 ( Foto: Koleksi pribadi)

Banyak yang mendebat  saya soal foto Jimny 1989 yang yang ada dalam foto. Bahkan di komunitas Jimny di media sosial pun masih aja ada yang ngeyel, bahwa yang ada di foto tersebut adalah Katana, bukan Jimny. Mereka melihat hanya berdasarkan High roof atau atap tingginya.

Dan sistem gardan ganda 4x4-nya, katanya, tambahan. Padahal itu benar-benar Jimny, super Jimny tepatnya, buatan tahun 1989, dengan sistem gerak roda ganda alias 4x4 asli, bukan tambahan. Mengenai atap, pada tahun 1989 memang Jimny ini hadir dengan atap yang lebih tinggi dari Jimny trepes, walau tidak setinggi Katana. Orang memberi nickname Jimny ini sebagai Jimny atap kentang.

Kalau di komunitas pun orang belum paham, apalagi yang benar-benar awam di luar group atau sekedar tahu sekilas.

Gambar: Suzuki Katana ( Foto: Suzuki/Wikipedia)

Tapi okelah, saya jelaskan. Di Indonesia selain Jimny 'trepes' dengan kode produksi SJ410, dengan ciri khas atap lebih rendah ( sampai tahun 1988), pada tahun 1989 diproduksi juga Super Jimny dengan kode produksi sama, SJ410. Semua sama, menggunakan sistem 4x4. Tapi secara fisik, Super Jimny sudah menggunakan high roof atau atap ( agak) tinggi.

Selain versi Hardtop, ada juga versi soft top atau sering disebut sebaga Jimny Sierra.

Generasi ini sebetulnya generasi peralihan, dari atap trepes ke atap tinggi.

Yang menjadikannya rancu adalah ketika Suzuki Indomobil meluncurkan  varian yang hanya 4x2 pada bulan september tahun 1989 yang dinamakan Katana. (Sebelumnya Jimny juga tersedia varian 4x2) Body masih menggunakan super Jimny, pun kode produksi, masih menggunakan SJ410. Selain melepas gardan depan, juga ada beberapa minor change. Sedikit info, kode SJ 410 ini mayoritas adalah untuk pasar ekspor ( diluar Jepang), sedangkan di Jepang menggunakan menggunakan kode produksi SJ40.

Dan ternyata Katana ini sangat populer di tanah air. Bahkan sampai sekarang unit bekasnya juga banyak diburu, kendati kemampuan Off-road tidak sebaik Jimny yang varian 4x4.

Popularitas Katana inilah yang rupanya mempengaruhi minded masyarakat terhadap Jimny. Yaitu kalau high roof itu pasti Katana, dan Jimny harus beratap pendek alias trepes. Nggak gitu juga kali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline