Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Lingkungan Hijau Mahasiswa PMM di TK ABA 20 Kucur

Diperbarui: 9 Maret 2023   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan hilarasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 74 gelombang 13 pada 9 Februari 2023. PMM dilakukan oleh Muhammad Rezeki Nugraha, Husain Priyandoko, Farahdiba Aisyah, Zaidan Aufa Allaamsyah, Mohammad Aras Al-Rasyid dengan Dosen Pembimbing Indri Wahyuningsih. 

Kegiatan yang dilakukan berguna untuk edukasi terkait bagaimana menjaga lingkungan agar tetap asri dengan cara menanam tanaman hias di sekitar lokasi TK ABA 20 Kucur, Malang.

Proses penanaman dan perawatan tanaman ini melibatkan para peserta didik TK ABA 20 Kucur. Mahasiswa UMM mengajari siswa-siswi untuk dapat menanam dan merawat bersama. 

Pengerjaan penanaman tanaman ini membutuhkan bahan berupa bibit bunga/tanaman, pupuk, pot, dan tanah. Selanjutnya anak-anak diminta untuk meletakan bibit bunga kedalam pot yang berisikan tanah dan pupuk komposs. 

Dengan adanya proses penanaman ini anak-anak diminta untuk berbaris secara rapih terlebih dahulu dan peroses penanaman ini dilakukan dengan menggunakan 4 langkah metode yakni pertama tanah, kedua pupuk kompos, ketiga dengan di isi tanaman dan proses terakhir di siram dengan menggunakan air buah.

Anak-anak TK ABA 20 Kucur sangat senang adanya belajar diluar ruangan ini sebab hal ini akan berpotensi pada menimbulkan rasa cinta kepada tanaman dan selalu menjaga lingkungan sekitar. 

Kondisi ini juga membuat para anak-anak terbiasa membantu orang tua dirumah dengan menanam dan merawat tanaman sehingga hal ini tentunya akan bermanfaat dalam jangka panjang. 

Mahasiswa UMM Kelompok 74 Gelombang 13 berharap dengan di laksanakan ini memungkinkan dapat menambah semangat belajar para peserta didik dan bisa bermanfaat bagi TK ABA 20 Kucur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline