Lihat ke Halaman Asli

UM Banjarmasin

Campus of the Future Leaders

Verifikasi Keuangan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin oleh LPPK PP Muhammadiyah

Diperbarui: 11 Desember 2023   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tim verifikasi keuangan dari Lembaga Pembina dan Pengawasan Keuangan (LPPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengunjungi Kampus Utama Universitas Muhammadiyah Banjarmasin guna melaksanakan kegiatan Verifikasi Keuangan yang akan dilaksanakan selama lima hari. Acara pembukaan digelar pada hari Senin, 11 Desember 2023 pukul 14.45 WITA. Tim verifikasi keuangan yang diutus oleh LPPK PP Muhammadiyah berjumlah tiga orang, yakni Dr. Banu Witono, SE., M.Si., Ak., CA; Dwi Atmoko Danardono, SE., CFrA; dan Abidin, SE.

Pelaksanaan verifikasi keuangan merupakan agenda reguler yang dilaksanakan di perguruan tinggi Muhammadiyah pada saat menjelang akhir masa jabatan Rektor. Verifikasi Keuangan UM Banjarmasin digelar menyusul diserahkannya berkas Laporan Akhir Masa Jabatan Rektor UM Banjarmasin 2020-2024, berikut juga berkas Laporan Keuangan UM Banjarmasin, serta berkas Laporan Auditor Independen atas Laporan Keuangan UM Banjarmasin oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Sehingga, agenda Verifikasi Keuangan UM Banjarmasin merupakan bagian dari rangkaian tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Rektor menjelang akhhir masa jabatan.

Dr. Banu Witono, SE., M.Si., Ak., CA selaku Ketua Tim Verifikasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan agenda verifikasi ini dengan pendekatan verifikasi atas laporan keuangan yang telah disampaikan. "Proses yang kami lakukan merupakan pendekatan verifikasi. Kami meminta data terlebih dahulu sehingga kami bisa me-review hal-hal yanhg sekiranya nanti akan kita tanyakan," paparnya. Ia juga menjelaskan bahwa LPPK PP Muhammadiyah sendiri merupakan lembaga yang ditugaskan oleh PP Muhammadiyah untuk membina dan mengawasi pengelolaan keuangan internal Muhammadiyah, yang termasuk di dalamnya perguruan tinggi Muhammadiyah. "Kegiatan ini merupakan tanggung jawab dan amanah. UM Banjarmasin sebagai AUM ada proses akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan. PP Muhammadiyah telah memberikan amanah kepada kita," jelasnya.(Frd.)

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline