Lihat ke Halaman Asli

Rutan Trenggalek Memaksimalkan Pelayanan Kesehatan dengan Program Dokter Menyapa di Blok Hunian

Diperbarui: 11 Desember 2023   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Humas Rutan Trenggalek

Gale, PAS - Rutan Kelas IIB Trenggalek, Kanwil Kemenkumham Jatim terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan meluncurkan program inovatif "Dokter Menyapa". Program ini merinci kegiatan rutin dokter yang berkunjung ke setiap blok hunian, didampingi petugas blok, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan WBP. Kegiatan ini dilakukan secara terjadwal saat tutupan blok untuk memastikan setiap WBP mendapatkan perhatian medis yang maksimal, Selasa (05/12).

Dalam pelaksanaan "Dokter Menyapa," seorang dokter dan petugas blok berkunjung ke setiap blok hunian rutan, membawa peralatan medis lengkap untuk pemeriksaan rutin. Proses ini tidak hanya mencakup pemeriksaan fisik tetapi juga memberikan kesempatan bagi WBP untuk berkonsultasi dan berbicara langsung dengan dokter.

Bapak I Kadek Dedy Wirawan Arintama, Kepala Rutan Trenggalek, menyampaikan tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih personal dan terjangkau bagi WBP. "Dengan mendekatkan dokter ke setiap blok hunian, kami berharap dapat lebih memahami kebutuhan kesehatan masing-masing WBP dan memberikan penanganan yang lebih efektif," ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, dokter juga memberikan edukasi kesehatan kepada WBP, termasuk informasi tentang pola hidup sehat, penyakit Menular, HIV, nutrisi, dan pencegahan penyakit. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kesehatan di antara WBP dan mendukung upaya pencegahan penyakit di dalam rutan.

Keterlibatan petugas blok dalam kegiatan "Dokter Menyapa" juga memiliki peran penting. Mereka tidak hanya membantu dalam proses administrasi dan pengorganisasian, tetapi juga menjadi jembatan komunikasi antara dokter dan WBP. Hal ini menciptakan suasana yang lebih akrab dan membantu membangun kepercayaan antara pelayan kesehatan dan WBP.

Seorang WBP yang mengikuti pemeriksaan menyatakan, "Saya sangat berterima kasih atas kehadiran dokter di blok kami. Ini memberi kami rasa nyaman dan memastikan bahwa kesehatan kami tetap terjaga dengan baik." 

Melalui program "Dokter Menyapa," Rutan Trenggalek memperlihatkan komitmen nyata untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merangkul pendekatan yang humanis di dalam rutan.

#kemenkumhamRI #yasonnalaoly #kemenkumhamjatim #rutantrenggalek #ikadekdedywirawanarintama #infoseputartrenggalek #ilovetrenggalek

(HUMAS RUTAN TRENGGALEK)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline