Lihat ke Halaman Asli

Antisipasi Gangguan Kamtib, Perawatan dan Rolling Gembok Jadi Hal Rutin Rutan Surakarta

Diperbarui: 30 Mei 2023   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok: Humas Rutan Surakarta

Surakarta - Rutan Kelas I Surakarta melaksanakan perawatan gembok dan rolling gembok dalam rangka deteksi dini, jaga kondusifitas dan antisipasi  gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas I Surakarta, Senin (29/05).

Pada kegiatan ini, seluruh gembok mulai dari Blok A, B, C, dan D dikumpulkan dan dilakukan perawatan dan pengecekan oleh staff Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) untuk selanjutnya akan dilakukan rolling gembok. 

Perawatan pada gembok dilakukan dengan cara memberi pelumas agar tidak berkarat, dan mudah digunakan serta untuk mengecek kelayakan gembok dan juga anak kunci gembok digabungkan perblok yang dimaksudkan agar anak kunci tersebut aman dan tidak dapat dapat terpisah. Rolling gembok antar blok hunian tersebut untuk deteksi dini, mencegah penduplikasian dan meminimalisir mencegah gangguan keamanan dan ketertiban. 

Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Hendra Prastya Nugraha menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu strategi keamanan untuk guna mencegah gangguan kamtib sebagaimana komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dituangkan dalam Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, berantas narkoba dan sinergis dengan APH. 

Kegiatan perawatan dan pengecekan gembok dan rolling gembok merupakan kegiatan rutin dilakukan untuk deteksi dini, mencegah penduplikasian dan meminimalisir mencegah gangguan keamanan dan ketertiban. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline