Lihat ke Halaman Asli

HUMAS RUTAN BOYOLALI

RUMAH TAHANAN NEGARA BOYOLALI

Arahkan WBP untuk menjadi Muslimat yang Salihah, Petugas Pimpinan Cabang Aisyiyah Boyolali Sampaikan Dakwah ke Rutan Boyolali

Diperbarui: 29 Mei 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok humas rutan boyolali

Boyolali - Dua orang Petugas dari Pimpinan Cabang Aisyiyah Boyolali menyambangi Rutan Kelas IIB Boyolali, Senin (29/05). Kunjungan ini ditujukan untuk memberikan dakwah kepada warga binaan muslimat Rutan Boyolali.

Didampingi oleh staf pelayanan tahanan dan paste blok wanita, kegiatan berlangsung di dalam Blok B. Dakwah kali ini mengusung tema mengenai syarat dan rukun salat. Sri Suprapti, salah satu dari pendakwah Pimpinan Cabang Aisyiyah Boyolali, bertugas untuk mengisi materi pada hari ini.

Sebelum memulai acara, beliau mengajak seluruh warga binaan muslimat untuk bertadarus bersama. Ayat demi ayat dibacakan oleh warga binaan dengan dipandu oleh petugas Pimpinan Cabang Aisyiyah Boyolali.

Usai melakukan tadarus, Sri Suprapti mulai mengisi dakwah dengan terlebih dahulu mengajukan pertanyaan mengenai syarat sah dan rukun salat seperti apa yang diketahui oleh warga binaan. Selanjutnya beliau menjelaskan secara mendalam mengenai syarat dan rukun tersebut.

"Dalam melaksanakan salat baik wajib maupun sunah, ada syarat wajib yang perlu kita pahami, seperti harus beragama Islam, telah balig atau pubertas, berakal, bagi seorang wanita harus suci dari haid dan nifas," ujar Sri Suprapti dalam memberikan dakwahnya.

"Selain itu, dalam melaksanakan salat ada rukun-rukun yang wajib kita lakukan, seperti sebelum memulai salat harus membaca niat terlebih dahulu, apabila sehat secara fisik dan mampu maka salat dilangsungkan secara berdiri, membaca takbiratul ikhram, al-fatihah, melaukan rukuk, iktidal, dan sujud secara tumaninah, melakukan duduk tasyahud akhir, membaca tasyahud akhir, membaca sholawat nabi, dan diakhiri dengan melakukan salam. Seluruh rangkaian salat dilakukan secara tertib," Sambungnya.

Mengakhiri kegiatan dakwah hari ini, Sri Suprapti berpesan agar seluruh warga binaan muslimat dapat menerapkan ilmu yang beliau sampaikan tadi dengan istikamah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline