Lihat ke Halaman Asli

Rutin Lakukan Pemeliharaan, Rupbasan Cilacap Jaga Keutuhan Basan Baran

Diperbarui: 29 Desember 2023   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rupbasan Cilacap Rawat Basan Baran

CILACAP -- Rupbasan Cilacap laksanakan perawatan kebersihan basan baran pada Jumat (29/12/23). Benda sitaan (basan) berupa tabung gas dicek oleh Kepala Sub Seksi Administrasi dan Pengelolaan, Dias Martha, Pengelola Basan Baran Ari Darwoto dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Ari menyampaikan bahwa sesuai arahan Karupbasan Cilacap, pemeliharaan atau perawatan benda sitaan/barang rampasan rutin dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan slogan Si Raja, Simpan Rawat Jaga yang bertujuan untuk menjaga keutuhan dan nilai ekonomi benda sitaan/barang rampasan.

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan pemeliharaan benda sitaan tabung gas yang tersimpan di Gudang Penyimpanan Rupbasan Cilacap. Selain menghitung jumlah untuk memastikan keutuhan, kami juga membersihkan tabung gas serta pengecekan terhadap kondisi tabung," ucap Ari.

Saat mengawasi kegiatan pemeliharaan, Kasubsi Dias Martha menyampaikan bahwa perawatan benda sitaan dicatat dalam buku pemeliharaan, selain itu Rupbasan Cilacap juga menyiapkan kartu pemeliharaan yang dipasang pada basan baran.

"Sebagai tindak lanjut arahan Ibu Direktur Yantah Basan Baran yang berkunjung pada Senin lalu, kami telah menyiapkan kartu pemeliharaan yang memuat informasi terkait benda sitaan dan barang rampasan. Disamping itu, Kartu Pemeliharaan ini berfungsi sebagai monitoring mengenai periode pemeliharaan," terang Dias.

Dengan menjalankan tugas dan fungsi sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengelolaan Basan Baran, Rupbasan Cilacap telah menjaga aset yang berpotensi menjadi pemasukan negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline