Lihat ke Halaman Asli

Humas Masemba

MTs Negeri 9 Bantul

Siswa MTsN 9 Bantul Ikuti Lomba Ranking 1 OJK

Diperbarui: 10 September 2024   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Siswa MTsN 9 Bantul, Yafi Zaidan Rafif dan Faizal Zaki Affandi kelas 8E ikuti  Kompetisi Rangking 1 Tingkat SMP/MTs dalam ajang Gencar Keuangan 2024, Kamis (22/08/2024). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Industri Jasa Keuangan. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB di Rocket Convention Hall, Godean, Sleman.

 

Gencar Keuangan 2024 merupakan sebuah kompetisi Generasi Cerdas Keuangan yang diselenggarakan oleh OJK untuk memeriahkan Hari Indonesia Menabung Tahun 2024. Terdapat tiga kompetisi, yaitu Kompetisi Rangking 1 tingkat SD/MI, Kompetisi Rangking 1 tingkat SMP/MTs, serta Kompetisi Booth UMKM Tingkat SMA/SMK/MA dan SLB. Kompetisi ini diikuti oleh pelajar se-DIY. Tujuan dari kompetisi ini untuk meningkatkan literasi tentang keuangan bagi pelajar.

 

Kompetisi dimulai tingkat SD/MI kemudian dilanjutkan Tingkat SMP/MTs. Kompetisi ini terbagi menjadi tiga babak. Babak pertama sumatif, dimana siswa harus bisa berhasil menjawab 10 soal dengan benar untuk bisa melanjutkan ke babak 3 besar. Di babak 3 besar siswa harus cepat-cepat menjawab soal untuk diambil 3 tercepat menuju babak ujian akhir. Terdapat 100 peserta yang mengikuti Kompetisi Rangking 1 disetiap tingkatnya.

 

Pada Kompetisi Rangking 1 Tingkat SMP/MTs, perwakilan MTsN 9 Bantul, Faizal dan Yafi berhasil sampai di babak 3 besar. Sayangnya, saat menyelesaikan soal di babak 3 besar, Faizal kalah cepat dengan peserta lain tetapi Yafi berhasil masuk di babak ujian akhir. Di babak ujian akhir, Yafi bersaing dengan dua siswa dari SMPN 1 Banguntapan dan SMPN 1 Wates dan berhasil meraih ranking 3.

 

"Walaupun dengan waktu yang cukup terbatas untuk berlatih, saya bisa berhasil mengalahkan 100 peserta dari SMP/MTs se-DIY dan mendapatkan Rangking 3," tutur Yafi.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline