Lihat ke Halaman Asli

Humas Masemba

MTs Negeri 9 Bantul

Siswa MTsN 9 Bantul Ikuti AM Bahasa Arab

Diperbarui: 29 Juli 2024   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Pada Senin (6/5/2024) sesi 2, siswa kelas IX MTsN 9 Bantul dijadwalkan mengikuti Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Arab. Kegiatan AM Bahasa Arab dilangsungkan pada pukul 09.15 dan berakhir pukul 10.45. Selama kurang lebih 90 menit siswa kelas IX MTsN 9 Bantul diberikan sekitar 50 soal AM bahasa arab berbentuk pilihan ganda yang dapat diakses melalui platform jogja madrasah digital.

Dalam satu minggu KBM di madrasah, siswa kelas IX mendapat 3 jam pelajaran bahasa arab yang diampu oleh Asfari. Sebagai langkah mempersiapkan diri jelang AM, Asfari seringkali memberikan latihan soal agar siswa paham tipe soal bahasa arab.

" Selama 2 pekan jelang AM, saya fokus untuk memberikan siswa latihan soal -- soal AM tahun sebelumnya. Saya minta siswa mengerjakan kemudian dihitung salahnya. Setelah selesai dicocokkan, saya mengajak siswa membahas soal -- soal yang dikerjakan siswa. Hal ini saya lakukan agar siswa memahami tipe soal AM dan nanti dapat memperoleh nilai terbaik,"harap guru bahasa arab kelas IX MTsN 9 Bantul Asfari.

              Berdasarkan kisi -- kisi yang diterima siswa,  nantinya dalam soal AM bahasa arab siswa akan diberikan soal berisi teks naratif sederhana dan diminta untuk menentukan gagasan. Selain itu siswa juga diminta untuk menerapkan kaidah tentang bentuk, makna, dan fungsi gramatikal. Dalam soal AM bahasa arab, siswa juga dituntut mampu memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (dns)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline