Lihat ke Halaman Asli

Humas Masemba

MTs Negeri 9 Bantul

Berlangsung Ketat, Matrikulasi Kelas Tahfidz MTsN 9 Bantul Dua Sesi

Diperbarui: 11 Juli 2024   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Bantul (MTsN 9 Bantul)---Sejumlah 57 peserta didik baru mengikuti Matrikulasi Kelas Tahfidz MTs Negeri 9 Bantul, Rabu (10/07/2024). Kegiatan tersebut berlangsung usai peserta didik baru mengikuti pembekalan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama). Dalam kegiatan ini, peserta didik harus mengikuti dua sesi ujian hafalan al-qur'an agar bisa menduduki kursi di Kelas Unggulan Tahfidz.

Tidak hanya menguji hafalan yang sudah dimiliki, MTsN 9 Bantul juga menguji kecakapan dan kecepatan peserta didik dalam menghafal ayat-ayat al-qur'an. Luthfia Nuril Mawaddah, guru Tahfidz MTsN 9 Bantul, mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mencari peserta didik terbaik. Strategi yang diterapkan dalam ujian ini adalah peserta didik diberikan waktu sepuluh menit untuk menghafalkan ayat suci al-qur'an. Menariknya, ayat yang harus dihafalkan dipilih pada juz-juz yang belum dihafal oleh peserta didik.

"Semua mulai dari nol jadi akan adil bagi seluruh peserta didik," jelas Luthfia.

Meski berlangsung cukup lama, peserta didik nampak sangat antusias mengikuti Matrikulasi Kelas Tahfidz ini. Tidak hanya itu, orang tua peserta didik pun dengan setia menunggu putra-putrinya.

Kepala MTsN 9 Bantul, Siti Solichah, berharap peserta didik yang terjaring dalam Kelas Unggulan Tahfidz ini akan menjadi pelopor dalam menghafalkan al-qur'an.

"Semoga semangat menghafalnya ini bisa menular kepada peserta didik yang lain," harap Solichah. (and)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline