Lihat ke Halaman Asli

Lapas Narkotika Pangkalpinang

Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel

Tingkatkan Kemampuan Intelijen, Kalapas Narkotika Pangkalpinang Ikuti Sosialisasi di Kanwil Kemenkumham Babel

Diperbarui: 19 Januari 2023   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Intelijen Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA pangkalpinang/dokpri


Pangkalpinang - Kamis (19/01) Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono  beserta Jajaran Administrasi Kamtib mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Konsolidasi dalam rangka membahas arah kebijakan Intelejen Pemasyarakatan dan Internalisasi Target Kinerja Tahun 2023 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yang dimulai pada Rabu hingga kamis (19-20 Januari 2023) ini diikuti oleh seluruh jajaran UPT pemasyarakatan yang ada di Kanwil Kemenkumham Babel.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel, Harun Sulianto membuka langsung kegiatan yang bertempat di Balai Pengayoman Kanwil Kemenkumham Babel. Dalam sambutannya, beliau memaparkan kegiatan serta wewenang intelejen khususnya dalam lingkup pemasyarakatan. Setidaknya terdapat 4 (empat) wewenang yang disebutkan, yaitu :
1. Pengumpulan informasi intelijen;
2. Pengelolaan dan analisis informasi intelijen;
3. Penyajian data dan informasi intelijen;
4. Pertukaran informasi intelijen.

Kakanwil juga menyebutkan bahwa Intelijen Pemasyarakatan adalah disiplin fungsional dalam rangka penyelidikan, pengamanan dan penggalangan di lingkungan pemasyarakatan. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta mampu memahami tugas dan fungsi intelijen, menghimpun data, melakukan analisis dan evaluasi untuk memberikan perkiraan keadaan, mampu membuat laporan intelijen secara cepat, bermanfaat dan rahasia serta mampu lakukan deteksi dini untuk mencegah potensi gangguan kamtib.

Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan yaitu Analis Kebijakan Madya, Muhammad Dwi Sarwono, dan Perencana Ahli Muda, Dani Ilham Hidayat serta Direktur Intelkam Polda Kepulauan Bangka Belitung, KombesPol Eko Budi Susilo, S.I.K.

Dalam penyampaiannya yang terdiri dari 3 sesi ini, pemateri memberikan informasi terkait pedoman umum intelijen serta sasaran strategis dan target kinerja pada tahun 2023 khususnya di Direktorat Keamanan dan Ketertiban Jendral Pemasyarakatan. Hambatan serta langkah strategis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi intelejen juga menjadi fokus materi yang disampaikan.

Kontributor : HUMAS LAPASTIKA PASTI "BERTIMAH"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline