Lihat ke Halaman Asli

humas lapasmalang

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang

Program Rehabilitasi, WBP Lapas Kelas I Malang Tes Urine

Diperbarui: 28 Februari 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WBP Lapas Kelas I Malang Tes Urine Dalam Rangka Program Rehabilitasi | dok.humaslapasmalang

Malang - Selasa (28/02/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumhan Jawa Timur melakukan kegiatan tes urine bagi WBP, dalam rangka persiapan pelaksanaan Program Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2023 di Lapas Kelas I Malang.

Klinik Paricara Lapas menjadi lokasi kegiatan tes urine bagi WBP pada pagi ini, Selasa 28 Februari 2023. Kasi Perawatan, Zulfikar Bharuddin Ibnu Ghazali memberikan langsung pengarahan kepada WBP yang mengikuti tes urine Program Rehabilitasi Pemasyarakatan.
Zulfikar menjelaskan dari hasil tes urine ini, nantinya akan diketahui jenis kandungan narkoba yang pernah dikonsumsi oleh Warga Binaan apakah masuk kategori ringan, sedang, atau berat.
Layanan rehabilitasi ini merupakan amanat Permenkumham Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Layanan Rehabilitasi Narkotika bagi WBP dan Tahanan di UPT Pemasyarakatan mengamanatkan agar pecandu, penyalahguna, dan korban penyalahgunaan narkotika mendapatkan layanan rehabilitasi pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

WBP Lapas Kelas I Malang Tes Urine Dalam Rangka Program Rehabilitasi | dok.humaslapasmalang

Tes urine kepada WBP ini merupakan tahap awal, yakni skrining. Sesuai dengan ketentuan sebagaimana tertuang pada Pasal 5 Permenkumham tersebut dijelaskan bahwa ada tiga tahapan dalam program rehabilitasi, yakni skrining, assesment rehabilitasi dan pemberian layanan rehabilitasi.

WBP Lapas Kelas I Malang Tes Urine Dalam Rangka Program Rehabilitasi | dok.humaslapasmalang

"Melalui program rehabilitasi ini pecandu-pecandu narkoba WBP Lapas Kelas I Malang ini nantinya diharapkan dapat melupakan narkoba dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah mereka kembali ke masyarakat," tegas Zulfikar Bharuddin Ibnu Ghazali, Kasi Perawatan Lapas Kelas I Malang.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline