Lihat ke Halaman Asli

Lapas Luwuk

Akun Resmi Lapas Kelas IIB Luwuk

Mitigasi Resiko di Lapas Kelas IIB Luwuk, Ka.Kamtib Lakukan Pergantian Gembok Pintu yang Rusak

Diperbarui: 11 September 2024   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Humas Lapas Luwuk

Luwuk - Kepala Seksi Administrasi Kemanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIB Luwuk UPT Kanwil Kemenkumham Sulteng, I Putu Arta Wibawa, S.H., bersama Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib Lonaike Sunang, S.H., dan Anggota Regu Jaga serta Staf gelar pengecekan kunci pengamanan pada Area Beranggang dan Blok Hunian Lapas Luwuk, Rabu (11/09).


Pengecekan menyisir seluruh pintu pengamanan termasuk sarana pengamanan berupa kunci (gembok). Dalam Peraturan Penjagaan Lapas Rutan (PPLP) PERDIRJEN Nomor DP.3.3/17/1 Tanggal 27 Januari 1975 pada pasal 23 disebutkan bahwa sarana pengamanan berupa Kunci (gembok) harus dalam keadaan baik dan jika terdapat anak kunci hilang, kunci atau gembok harus diganti. Atas dasar  tersebut seksi Adm. Kamtib dipimpin langsung I Putu Arta Wibawa laksanakan pengecekan.

Saat pengecekan ditemukan pada area Pintu Beranggang 1 (satu) terdapat kunci keamanan rusak dan satu tidak memiliki kunci keamanan sehingga langsung dilakukan penggantian. Penggantian rutin juga dilakukan pada area blok hunian, mulai dari blok 1 (Laumarang) sampai blok 8 (Uwedikan) serta blok MK. Total penggantian kunci keamanan (gembok) yang dilakukan berjumlah 11 (sebelas) buah.

Ka. Adm Kamtib mengatakan bahwa Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya penerapan 3+1 kunci pemasyarakatan maju, utamanya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan tata tertib yang mungkin saja bisa terjadi, serta memastikan bahwa PPLP dijalankan dengan baik.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar S.H.,M.H., mengapresiasi apa yang telah digelar oleh Lapas Luwuk, beliau juga Meminta kepada jajaran keamanan agar memberikan perhatian lebih terhadap pengawasan dan pemantauan warga binaan agar tidak terjadi pelanggaran keamanan dan ketertiban yang berakibat fatal bagi lembaga pemasyarakatan.

Kalapas Luwuk Efendi Wahyudi, A.Md.I.P.,S.Sos.,M.Si berharap kepada jajarannya untuk segera merespon apa yang telah diinstruksikan pimpinan. "terus tingkatkan apa yang telah dilakukan guna menjadikan Lapas Luwuk lebih aman dan tertib, sehingga pembinaan dapat berjalan dengan optimal" tukasnya.

#kanwilkemenkumhamsulteng
#hermansyahsiregar

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline