Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas batang

Instansi Pemerintah Di Bawah Kementerian Hukum dan HAM RI

Skrining Mental dan Jiwa bagi Tahanan Baru di Lapas Kelas IIB Batang

Diperbarui: 28 September 2024   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Batang, 26 September 2024 --- Lapas Kelas IIB Batang hari ini melaksanakan kegiatan skrining mental dan jiwa bagi tahanan baru. Mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Pekalongan terlibat langsung dalam kegiatan ini, menggunakan dua alat skrining, yaitu SRQ-29 dan PSS, untuk menilai kondisi kesehatan mental para tahanan.

Kegiatan skrining dilakukan dengan wawancara dan pengujian menggunakan kedua alat tersebut. SRQ-29 berfungsi untuk mendeteksi gejala gangguan mental, sementara PSS digunakan untuk mengukur tingkat stres yang dialami oleh para tahanan.

Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah kesehatan mental yang mungkin dialami oleh tahanan baru. Dengan pendekatan yang tepat, intervensi yang diperlukan dapat dilakukan untuk mendukung kesejahteraan mereka.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, serta mengedukasi tahanan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental selama masa tahanan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para tahanan dapat menerima perhatian yang lebih baik terhadap kondisi mental mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline