Lihat ke Halaman Asli

BNI Siap Majukan UMKM Aceh Tengah

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13617768112136962254

[caption id="attachment_238537" align="aligncenter" width="720" caption="Foto Bersama :Bupati Aceh Tengah, Ir.H.Nasaruddin,MM Menerima Cendramata dari Jhoni R. Tampubolon, CEO PT Bank BNI (persero) Tbk Kantor Wilayah Medan, Senin (25/2/13) pagi di Pendopo Bupati Setempat"][/caption]

Kabupaten Aceh Tengah diakui memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) maupun keunggulan komparatif (comparative advantage). Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis, yang sangat strategis  maupun modal sosial (social capital) yang pengaruhnya sangat dominan  bagi pembangunan daerah.

Kondisi ini dipicu lagi dengan manajemen pemerintahan yang efesien dan kepemimpinan yang kuat, “kami  sangat optimis  akselerasi laju pembangunan  pada semua sektor  dapat ditingkatkan, sesuai dengan kondisi sosial maupun aspirasi dan potensi  masyarakat yang terus berkembang”, ungkap CEO PT Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Wilayah Medan, Jhoni R.Tampubolon dalam audiensi dengan Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM, Senin (25/02/13) Pagi di Pendopo Bupati setempat. Tampak juga dihadiri Fahcrul Rizal, Pimpinan Bank BNI cabang Bieruen, Abdul Hamit, Pimpinan Bank BNI cabang Takengon, serta didampingi Direktur BUMD Tanoh Gayo Takengon. Hasanudin,SP

”Maka tak heran  bila sejumlah perbankan pun hadir di Takengon Ibukota Aceh Tengah”, selanya. “Sarana publik milik pemerintah  bermunculan, investor satu-persatu hadir di Kota Takengon”, kata Jhoni yang merincikan sejumlah investor besar, yang diyakini akan mampu meningkatkan  kesejahteraan dan menyerap tenaga kerja.

Menyadari akan hal ini, Jhoni mengatakan PT Bank Negara Indonesia (BNI Persero) Tbk menyatakan diri siap mendukung Pemkab Aceh Tengah dalam memaksimalkan potensi ekonomi yang ada. “BNI selalu membuka diri apalagi untuk pengembangan  UMKM dan industri kreatif lainnya,yang  di mana pangsa pasarnya yang lebih baik dan menjanjikan ,” jelas Jhoni.

Sejauh ini, diterangkan Jhoni bahwa  penyaluran kredit  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai kisaran  Rp 25 triliun per akhir tahun 2012. Sementara portofolio kredit BNI Wirausaha yang merupakan bagian dari kredit UMKM ada sekitar Rp 13 triliun. “Itu per Desember 2012. Dan untuk tahun 2013  ini  Bank BNI tetap mendukung pengembangan ekonmi  dan  senantiasa memfasilitasi harapan pelaku usaha, baik jasa, produksi maupun dukungan terjadap ekonomi kreatif lainnya

“Persoalan penting dalam pengembangan UMKM adalah berkaitan dengan volume pembiayaan yang masih kecil untuk modal kerja dan investasi. Sedangkan untuk terus mendorong pengembangan UMKM di Aceh Tengah, peranan pemerintah saja tidak akan cukup. Karenanya Pemkab Aceh Tengah membutuhkan dukungan dari pihak perbankan dan para pemangku kepentingan lainnya,  untuk menggiatkan UMKM di daerah penghasil kopi Arabika Gayo ini”, jelas Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, yang didampingi Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah, Drs. Windi Darsa, MM.

Karena itu, Dia katakan keberpihakan bank sangatlah  menentukan pertumbuhan UMKM dan sektor potensial yang banyak berkembang di Kota Takengon, namun belum diimbangi dengan volume pembiayaan perbankan yang memadai. “Bentuk keberpihakan bank terhadap UMKM bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kebijakan dan Bank  harus proaktif mencari kader potensi usaha baru di daerah yang akan ditumbuhkan, tentunya dengan pengawasan unit kerja terkait, sebagai pembina UMKM, ” tukas Bupati.

Pak Nas, panggilan akrab Bupati Nasaruddin  menyadari  bahwa selama ini persyaratan kredit bagi UMKM yang diajukan pihak Bank sangat ketat dan setara dengan perusahaan besar. Padahal UMKM memerlukan persyaratan yang lebih sederhana dan perhitungan resiko modal terhadap kredit itu diharap jangan terlalu berat.

Penyaluran pinjaman ini sangat penting berkaitan dengan upaya Pemkab  untuk meningkatkan kewirausahaan atau entrepreneurship. Dengan dukungan terhadap usaha diharapkan penghasilan rumah tangga makin baik,  sehingga kemiskinan dan pengangguran berkurang. Dengan tujuan yaitu mempercepat pengembangan sektor riil dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM dan Koperasi dan penanggulangan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja

Jhoni menanggapi bahwa sebenarnya dari sisi perbankan sendiri juga membutuhkan kehadiran pelaku UKM sebanyak-banyaknya. Dan sangat mendukung berkembangnya UMKM di Aceh tengah dan potensi lahan perkebunan tebu yang sangat menjanjikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline