Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas Nirbaya

Mewujudkan Lembaga Pemasyarakatan Nirbaya Sebagai pusat re-integrasi sosial yang humanis,profesional,dan berwawasan lingkungan guna menciptakan masyarakat yang aman,sejahtera dan berkeadilan

Perkuat Pemahaman, Lapas Nirbaya Ikuti Sosialisasi Sistem Manajemen Aset Negara

Diperbarui: 31 Juli 2024   04:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humas Labaya

Nusakambangan - Selasa, 30 Juli 2024, KPKNL Purwokerto mengadakan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara di Lapas Gladakan. Acara ini turut dihadiri oleh 6 peserta yakni para petugas/operator barang milik negara (BMN) dari Lapas Nirbaya, Lapas Gladakan dan Lapas Ngaseman. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.
 
Materi disampaikan oleh Heru Dwi Nugroho selaku pelaksana sosialisasi, Materi pertama yang disampaikan ialah tentang penatausahaan barang milik negara dengan sasaran semua barang milik negara tercatat dengan baik, Seluruh aktivitas terkait pengelolaan barang milik negara dan nilai atau data barang milik negara untuk kebutuhan laporan.

Humas Labaya

Selanjutnya materi dilaksanakan dengan praktik langsung di aplikasi Sistem Infromasi Manajemen Aset Negara, Terkait tata cara pendaftaran pada aplikasi tersebut mulai dari biodata, Jenis pelaksanaan dan Satuan kerja.
"Barang masuk dan barang keluar harus terdata dan terdokumentasi dengan baik" Ujar Heru Dwi.
 
Materi terakhir menjelaskan terkait Pelaporan Wasdal. Singkatnya, Heru menyampaikan, diharapkan kepada setiap satuan kerja untuk dapat menyampaikan laporan wasdal tepat waktu, yakni pada bulan Maret setiap tahunnya. Karena apabila satker tidak menyampaikan laporan wasdal tepat waktu, maka dapat dikenakan sanksi berupa penundaan atas usulan pemanfaatan, pemindahtanganan atau penghapusan yang diajukan oleh satker tersebut.

Humas Labaya

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dengan jenis pertanyaan seperti permasalahan terkait teknis dalam pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara. Semua pertanyaan yang ada dijawab dengan baik oleh pelaksana sosialisasi.
 
Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman kepada operator BMN tentang pentingnya pengelolaan BMN yang baik menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara, demi terwujudnya efisiensi anggaran dan pelaporan BMN yang berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline