Lihat ke Halaman Asli

Rio Estetika

Dengan menulis maka aku Ada

Tips P5 Simpel ala SD MAHESKA

Diperbarui: 22 Desember 2023   00:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: ditpsd.kemendikbud.com

Kurikkulum merdeka telah melaju dari tahun 2021, secara bertahap sekolah-sekolah di Indonesia berusaha mengimplementasikannya.  Disklaimernya, kurikulum ini merupakan terobosan baru dalam menyajikan pembelajaran yang lebih fleksibel, kontekstual, dan fokus pada pembentukan karakter.

 Proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) digadang-gadang sebagai formula mujarab dalam membenahi dan membentuk karaker yang mencerminkan Pancasila sebagai asas berbangsa. 

P5 sendiri merupakan kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan proyek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. 

Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dalam hal konten, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. P5 dirancang secara terpisah dari kurikulum inti. Melansir dari laman kemendikbud, bahwa P5 memiliki dimansi utama yang meliputi: (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan global; (3) Bergotong-royong; (4) Mandiri; (5) Bernalar kritis; (6) Kreatif. 

Projek P5 kurikulum merdeka dilatarbelakangi adanya upaya untuk menemukan jawaban mengenai kompetensi peserta didik yang diinginkan oleh sistem pendidikan Indonesia. 

Projek ini mengimplementasikan karakter pada peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Kompetensi P5 kurikulum merdeka dapat mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi, contohnya adalah ideologi dan tantangan era digital. 

Tujuan dari P5 kurikulum merdeka adalah untuk menciptakan peserta didik yang unggul dan produktif, serta dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan. Adapun visi pendidikan Indonesia adalah menciptakan Indonesia yang maju, mandiri, dan berkepribadian melalui pelajar Pancasila. 

Sementara itu, Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menciptakan Pelajar Indonesia yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Projek ini dapat diterapkan di berbgai satuan pendidikan, yaitu P5 kurikulum merdeka sd, P5 kurikulum merdeka smp dan P5 kurikulum merdeka smk.

Memakai dimensi di atas , setiap lembaga sekolah dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dapat berkreatifitas sejalan dengan kearifan lokal masing-masing sekolah. Sehingga, munculah beragam bentuk P5 yang kreatif dan memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Hal ini tentu menggembirakan bahwa sekolah dapat berkembang melesat maju dengan keunggulannya yang unik tanpa harus mengekor pada paradigma sekolah-sekolah lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline