Lihat ke Halaman Asli

Rio Estetika

Dengan menulis maka aku Ada

Pupuk Jiwa Filantropis, SD Maheska Bagikan Olahan Daging Qurban

Diperbarui: 30 Juni 2023   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

 10 Dzulhijjah menjadi perayaan sekaligus pembelajaran terhadap momen besar risalah kenabian Ibrahim As. Yaitu tentang keikhlasan Ismail As dan ketaatan Ibrahim As dalam menjalankan perintah Allah Swt. Nah, pada kesempatan kali ini siswa-siswi SD Muhammadiyah 14 Surakarta (SD Maheska) menggelar acara peringatan Idhul Adha dengan cara membagikan olahan daging qurban pada masyarakat Danukusuman dan sekitarnya. Jika pembagian daging qurban biasnya hanya berupa daging mentah, maka lain halnya dengan SD Maheska. Tahun ini mereka membagikan daging qurban yang sudah masak dan menjadi makanan siap santap.

Prosesi Penyembelihan Hewan Qurban Bersama SMP Muhammadiyah 8 Surakarta 

Terobosan baru ini memang membutuhkan proses dan tenaga yang luar biasa, namun dibalik itu semua goal yang ingin dicapai adalah pembelajaran untuk rela berkorban dan berbagi kepada sesama. Bahwa  pengorbanan berupa tenaga, waktu dan pikiran merupakan bagian kecil dari perwujudan sikap kedermawanan. Harapan besarnya seluruh anak-anak di SD Maheska benar-benar merasakan pengalaman menjadi seorang filantropis, yaitu sikap untuk peduli dan berempati pada sesama. Bukan sekedar rasa empati melainkan juga aksi langsung untuk mewujudkan kepedulian tersebut.

Packing Olahan Daging Qurban

Pembungkusan Daging Olahan

Pembungkusan Daging Olahan

Packingan Olahan Daging Qurban SD MAHESKA

Adapun pelaksanaan pembagian olahan daging qurban diwujudkan dalam bentuk gulai yang dipacking bersama nasi, acar, dan kerupuk udang serta alat makan sendok. Bersama kolaborasi seluruh civitas akademika SD Maheska, packing dilakukan dengan standar kebersihan serta memperhatikan aspek kerapian. Hal itu adalah sebagai bentuk kepedulian dengan memberikan sesuatu yang terbaik, dalam hal tampilan maupun isi.  Sebagaimana firman Allah Swt, "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (mempersembahkan) sesuatu yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." (Q.S. Ali Imran [3]: 92). Pembagian dilaksanakan Jumat, 30 Juni 2023 dengan sasaran masyarakat Danukusuman dan sekitarnya sebanyak 300 porsi gulai siap makan. 

Distribusi Olahan Daging Kepada Masyarakat

Distribusi Olahan Daging Kepada Masyarakat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline