Lihat ke Halaman Asli

Filsafat dan Etika Komunikasi dalam Dunia Pekerjaan

Diperbarui: 15 Mei 2024   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Humairah Azzahara

NIM : 23010400125

Matkul: Filsafat Dan Etika Komunikasi

Dosen Pengampu: Dr. Nani Nurani Muksin, S.Sos, M.Si

Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Kampus : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Filsafat dan Etika Komunikasi Dalam Dunia Pekerjaan/Bisnis

Bisnis dipahami sabagai seluruh kegiatan komersial dan industri yang menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan dan memelihara kualitas hidup. Bisnis bukan semata-mata kegiatan yang berorientasi mencari keuntungan, namun menitikberatkan pada pelaksanaan tanggung jawab sosial dengan meyediakan kebutuhan bahan dan jasa untuk meningkatkan dan menjaga taraf hidup. Dalam kegiatan bisnis, dikelola sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi, dan sumber daya finansial untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut diperoleh dengan mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat ( Stead eel al : 1994)    

Bisnis dan komunikasi merupakan dua hal yang tidak dapat terpisah. Suatu kegiatan bisnis tidak dapat berjalan dengan baik tanpa komunikasi yang berlangsung dengan baik. Intensitas kegiatan komunikasi dalam sebuah organisasi bisnis juga akan berhubungan langsung dengan tingkat perkembangan organisasi tersebut.  

Pada era modern seperti saat ini, kita kita perlu memiliki keterampilan komunikasi bisnis karna diyakini dapat menjadi alat untuk membentuk dan mengubah opini, sikap, dan perilaku. Oleh karena itu, peranya sangat penting dalam dunia bisnis. Hal ini didasari oleh kondisi sat ini Dimana perkembangan dan persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat, sehingga terbentuk pandangan bahwa perusahan atau dunia bisnislah yang membutuhkan konsumen, bukan sebaliknya. Salah satu contoh komunikasi sangat berpengaruh pada dunia bisnis saat ini adalah, banyaknya platform yang menyelenggarakan Live Sale, misalnya pada aplikasi TikTok, Shopee, Instagram, bahkan Facebook. Keterampilan komunikasi dapat sangat mempengaruhi konsumen untuk memesan barang/jasa yang kita tawarkan. (Thian Alexander 2022 : 5)

Dalam komunikasi dunia pekerjaan atau bisnis, teori komunikasi yang cocok adalah teori komunikasi organisasi. Teori komunikasi organisasi membahas bagaimana komunikasi memebgaruhi organisasi, termasuk bagaimana informasi disampaikan, diterima, dan diproses didalam suaru Perusahaan atau lingkungan kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline