Lihat ke Halaman Asli

Humaira Athiya Rachman

Undergraduate Management Student at Airlangga University

Tips Manajemen Waktu bagi Mahasiswa! Bedakan antara Sibuk dan Produktif!

Diperbarui: 9 Juni 2022   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Pada zaman berkembang saat ini, para mahasiswa sebagai generasi muda dituntut untuk aktif dalam segala kegiatan, baik akademik maupun non-akademik. Aktivitas yang padat menjadi "makanan" sehari-hari bagi mahasiswa. Namun, kesibukan akan aktivitas yang padat ternyata belum tentu membuat mahasiswa memiliki kehidupan yang produktif.


Mahasiswa harus bisa membedakan antara sibuk dan produktif. Orang yang sibuk merupakan orang yang memiliki banyak aktivitas dan merasa tidak punya waktu untuk melakukan hal lain tanpa mempertimbangkan kualitas dari pekerjaannya. Sedangkan, seseorang yang produktif ialah seseorang yang berfokus untuk menyelesaikan pekerjaan penting dan mempertimbangkan kualitasnya.


There are 3 tips for time management by Atomic Habits book. Kita simak yuk!
1. Fokus pada satu pekerjaan.
Dalam mengerjakan suatu hal, baik tugas kuliah dan tugas kepanitiaan, mahasiswa harus bisa fokus! Jangan mengerjakan sesuatu secara setengah-setengah atau tidak totalitas. Contohnya saat mahasiswa mengerjakan tugas, tetapi kegiatan ini dilakukan sambil membuka media sosial pada HP. Hal ini tidak baik karena nantinya mahasiswa akan terdistraksi dan membuat pekerjaan selesai menjadi lebih lama.
2. Tahu prioritas! Kerjakan hal yang paling penting terlebih dahulu.
Tentukan skala prioritas dalam menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Planner atau to do list akan sangat membantu untuk menentukan prioritasmu!
3. Reduce the scope, but stick to the schedule.
Tetap menjaga aktivitas yang dilakukan sehari-hari walaupun sedang dalam keadaan sibuk karena sibuk bukanlah suatu alasan untuk tidak melakukan rutinitas. Contohnya saat mahasiswa memiliki rutinitas belajar pada pukul 08.00-10.00, tetapi ternyata ada jadwal lain yang tidak dapat ditunda. Jangan sampai hal ini membuat para mahasiswa tidak melakukan rutinitas untuk belajar karena seharusnya mahasiswa dapat mengubah jadwal belajarnya pada jam setelah aktivitas yang tidak dapat ditunda telah terselesaikan.


Demikian 3 tips manajemen waktu berdasarkan buku Atomic Habits. Semoga dapat bermanfaat guna menjadi pedoman para mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa diterapkan ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline