Lihat ke Halaman Asli

Diva Salma

Calon Pejabat

KKN 115 IAIN Kediri Ikut Serta Berpartisipasi dalam PMT sebagai Upaya Penanganan Stunting

Diperbarui: 16 Agustus 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama kegiatan PMT. Dokpri

Hai..


Sudah ada yang tau belum sih apa itu PMT?


Sebelum membahas apa itu PMT, dari ibu sekretaris desa Kunjang selaku penanggung jawab KKN meminta kami kelompok 115 KKN IAIN Kediri untuk membantu dan ikut serta berpartisipasi dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Desa Kunjang Kec. Ngancar Kab Kediri.


Nah.. Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  kepada balita merupakan suatu upaya pemberian gizi tambahan agar terpenuhinya gizi-gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat dari nasi, umbi-umbian, dan kentang, protein dari telur ayam, telur puyuh, daging, kalsium dari susu dan vitamin dari sayur-mayur.


Tujuan dilaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan balita sekaligus sebagai pembelajaran bagi ibu-ibu warga desa Kunjang dengan tepat sasaran dan mengerti bagaimana memberikan makanan tambahan kepada balita stunting. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini diberikan dalam bentuk makanan matang dengan menu berbeda-beda setiap hari dalam satu minggu. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bukan sebagai pengganti makanan utama.

Salah satu menu makanan PMT. Dokpri


Maka dari itu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk kesehatan bayi dan balita, memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya, dan mencegah stunting.


Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di desa Kunjang ini dilakukan selama tiga bulan berturut-turut yang dilakukan oleh pemerintah pada pertengahan tahun 2023 yang dimulai pada awal bulan juli kemarin, seperti jadwal yang sudah ditentukan bahwa setiap pagi ibu-ibu kader PMT yang sudah dipilih untuk berbelanja dan memasak makanan sekaligus mengantarkan ke setiap rumah balita stunting di setiap dusun. Selama ada kegiatan KKN IAIN Kediri, disini dilakukan pembagian tugas antara mahasiswa KKN IAIN Kediri dan kader PMT desa Kunjang.


Dari kader PMT belanja bahan-bahan yang akan dimasak, kemudian memasak biasanya dilakukan Bersama antara kader PMT dan teman-teman KKN dengan resep masakan yang sudah diberikan dari Pemerintah, setelah itu PMT siap dibagikan oleh teman-teman KKN. Begitulah rutinitas setiap harinya kader PMT desa Kunjang dengan anak-anak KKN.

Kegiatan makan bersama. Dokpri

Kegiatan Pengantaran PMT kepada balita. Dokpri

Setiap hari Sabtu ibu dan balita berkumpul di rumah Bu Ambar yang merupakan tempat strategis dari desa untuk makan bersama dengan balita-balita yang lainnya. Selain makan bersama juga ada pengukuran tinggi badan balita, berat badan dan lingkar lengan (LILA) selain itu bidan dari desa Kunjang juga memberi penyuluhan mengenai bagaimana mengatasi anak yang susah makan, menerima  konsultasi dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan stunting.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline