Lihat ke Halaman Asli

hula Ima

Mahasiswa

Syarat Sah Bisa Dikatakan Menjadi Sebuah Agama

Diperbarui: 10 Juni 2021   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Syarat Sah Bisa Dikatakan Menjadi Sebuah Agama. | freepik

Tema : Syarat-syarat, Ciri-ciri agama dan Klasifikasi Agama Islam
Nama: Hulaima
Semester : 2
Jurusan : Pendidikan Matematika
Kampus : Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan
Tahun : 2019
Identitas Dosen : Muhammad Mukhlis, M.PdI
Problem : Syarat yang perlu dimiliki oleh setiap agama agar di akui
Analisa :

Indonesia terdiri dari masyarakat yang beragam, begitu pula dengan seni, suku, budaya dan juga agama yang dianut oleh masyarakat juga beragam. Seni yang tersebar di Indonesia tidak secara langsung dengan mudah diterima oleh masyarakat. Begitu pula dengan agama, agama-agama yang ada di Indonesia saat ini tidak langsung bisa tersebar dan mudah di terima oleh masyarakat Indonesia. 

Agama yang ada di Indonesia berbeda satu sama lain, begitu pula dengan cara penyebaran agama juga bisa dari mana saja. Yang pasti ada sejarah panjang yang terjadi untuk agama dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Namun, karakteristik dari setiap agama berbeda begitu pula tokoh yang menjadi panutan juga berbeda.

Baca juga: Klasifikasi Agama, Syarat Agama, dan Ciri Agama

Sekarang ini banyak bermunculan agama-agama baru. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan zaman yang semakin hari semakin modern. Begitu pula keinginan manusia untuk terus berkembang dalam hal keagamaan yang lebih mementingkan kesenangan dari pada kebaikan. 

Oleh karena itu, saat ini kita harus bisa memilah dan memilih agama yang baik dan benar. Tak hanya itu, dalam agama Islam pada saat ini juga telah banyak golongan- golongan yang agak tidak sesuai dengan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.. karena itu, setiap agama harus sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Teori :

Pengertian agama

Pengertian agama menurut :

 1. Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (Kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha kuasa, serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusiadan lingkungannya.Beberapa tokoh juga mengemukakan pangannya mengenai pengertian agama.

2.  Emile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci dan menyatukan semua penganutnya dalam satu komunitas moral yang dinamakanumat.

3. Harun Nasution, agama adalah suatu system kepercayaandan tingkah laku yang berasal dari suatu kekuatan yang gaib.

Syarat-syarat agama :

Dalam Islam, agama mempunyai syarat antara lain :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline