Lihat ke Halaman Asli

hula Ima

Mahasiswa

Hedonisme Faktor Penyebab Terjadinya Dekadensi Moral

Diperbarui: 25 Juni 2020   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tema : Dekadensi Moral
Nama: Hulaima
Semester : 2
Jurusan : Pendidikan Matematika
Kampus : Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan
Tahun : 2019
Identitas Dosen : Muhammad Mukhlis, M.PdI
Problem :  Hedonisme faktor penyebab Dekadensi Moral
         Setiap hari kita disuguhi tayangan pola hidup mewah dan gemerlapan, hubungan bebas antara lelaki dan perempuan, perjudian, miras, dan pakaian yang tidak menutup aurat. Melihat contoh pola hidup mewah yang menyenangkan itu maka sekarang boleh dikatakan hampir tiap orang mendambakan ingin memiliki kendaraan bermotor, televisi, rumah besar, dan perabot rumah tangga mewah. Bukan hanya orang tua, anak-anak sekolah pun ingin memiliki handphone, komputer, laptop, kendaraan bermotor, dan lain-lain.
Analisa :
           Banyak orang saat ini ingin menikmati kehidupan mewah, globalisasi yang sudah ada di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah. Sehingga gaya hidup yang mewah atau hedonis ala barat sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia sekarang. Dari keinginan memiliki hal yang mewah dan sedang booming. Namun, kebanyakan orang tidak dapat mengukur penghasilannya. Sehingga banyak pegawai dan karyawan golongan I pun merasa ketinggalan zaman kalau masih menggunakan sepeda dan tidak memiliki handphone. Dambaan untuk menikmati hidup mewah seperti yang di lihat di televisi, sebenarnya merupakan refleksi dari pikiran yang maju. Tetapi yang menjadi masalah mendasar ialah, bagaimana caranya memperoleh uang untuk mewujudkan impiannya itu, apakah dengan cara yang sah ataukah dengan cara yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
             Perilaku kebanyakan masyarakat yang selalu ingin hidup mewah dapat memicu terjadinya kemerosotan moral atau dekadensi moral. Kebanyakan orang saat ini banyak yang lebih mementingkan kesenangan tanpa memperhatikan dan mengindahkan nilai norma yang ada. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah terpengaruh dengan gaya hidup hedonis. Tanpa adanya pengendalian diri masyarakat yang tidak puas dengan apa yang dimiliki saat ini, akan menimbulkan dampak yang juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya dekadensi moral.
            Sehingga dekadensi moral yang terjadi saat ini tidak akan bisa di atasi jika tidak ada kontrol dari diri sendiri dan kerja sama pemerintah. Oleh karena itu, penerapan nilai norma harus lebih ditingkatkan untuk mencegah terjadinya dekadensi moral.
 Teori :
Pengertian Hedonisme
            Hedonisme adalah pandangan hidup atau ideologi yang diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dimana kenikmatan atau kebahagiaan pribadi menjadi tujuan utama dalam menjalani hidup seseorang. Secara etimologi, hedonisme diambil dari bahasa Yunani, yaitu "hedone" yang artinya kesenangan. Secara sederhana pengertian hedonisme mengacu pada paham kesenangan terhadap kenikmatan.
Dampak dari Hedonisme
1. Individualisme
2. Konsumtif
3. Egois
4. Cenderung Pemalas
5. Kurang Bertanggungjawab
6. Boros
Pengertian Dekadensi Moral
Dekadensi moral adalah suatu kemerosotan moral yang terjadi pada seseorang yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Seperti : pergaulan bebas, Narkotika dan lain sebagainya
Referensi :
gagasanhukum-wordpress
detik.com
maxmanroe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline