Lihat ke Halaman Asli

Menyoal Web Berita Online dan Web Berita Koran/TV

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Ranah jurnalisme semakin berkembang seiring perkembangan teknologi internet. Media tidak lagi bergerak dalam batasan kovensional seperti koran, televisi dan radio. Pada tataran jurnalisme, internet menawarkan suatu bentuk saluran informasi baru.Tidak heran kalau banyak tumbuh portal berita online yang pada gilirannya dibuntuti media konvensional yang akhirnya juga berlabuh ke media online.

Web berita online dan web berita koran maupun TV tentu memiliki ciri khas melalui kriterianya masing-masing. Kriteria tersebut dapat dilihat dari content, functionality, navigation, audio/video quality, dan interactivity. Penulis mencoba menganalisis tiga media online yakni detik.com, Koran.tempo.co, dan cnn.com untuk menjelaskan beberapa criteria tersebut.

CONTENT

Jacob Nielsen (1999) mengungkapkan tiga aturan penulisan untuk web :

1.Lugas, memuat informasi tidak lebih dari 50% berita yang akan dimuat dalam versi cetak,

2.Menggunakan paragraph pendek, subheadings, bukannya tampilan teks yang panjang,

3.Menggunakan hypertext untuk memisahkan tulisan yang panjang.

Penulis menemukan bahwa detik.com memenuhi kriteria di atas, apalagi detik.com tidak memiliki versi cetak, maka kontennya bisa lebih spesifik. cnn.com pada berita headlinenya masih menampilkan teks yang sangat panjang dan cenderung membosankan, walaupun dimaksudkan untuk pemberitaan yang terfokus dan lengkap.

FUNCTIONALITY

Soal fungsionalitas, ketiga web ini secara keseluruhan mudah digunakan dan berfungsi semestinya sebagai media online. Salah satu kendala yang ditemukan adalah ketika mengakses koran.tempo.co, user dipastikan harus sudah berlangganan versi online. Karena itu perlu mengeluarkan biaya tertentu.

NAVIGATION

Kemudahan akses untuk ketiga media online tersebut dikategorikan baik. Terutama untuk menemukan konten dalam web tersebut. Apalagi media online ini diintegrasikan dengan media sosial seperti facebook dan twitter.

AUDIO/VIDEO QUALITY

cnn.com memiliki kualitas video yang juga relevan dengan berita yang diinformasikan. Hal yang paling mendukung dari sisi jurnalisme adalah berita di web ini terafiliasi dengan jaringan cnn yang merupakan perusahaan televisi berita internasional. Jika dibandingkan dengan Koran.tempo.co dan detik.com kedua web tersebut tidak menyediakan fasilitas seperti video maupun audio. Hanya terdapat gambar sebagai representasi dari berita yang diangkat.

INTERACTIVITY

Pada sisi ini, tidak semua dari ketiga media online tersebut membuka akses bagi user atau pembaca untuk berinteraksi dengan media melalui kolom komentar yang disediakan. Media online yang tidak menyediakan fasilitas kolom komentar adalah koran.tempo.co. detik.com dan cnn.com mempunyai kolom komentar. Hal ini memungkinkan adanya komunikasi dua arah dan juga komunikasi dengan sesama user, yang sangat kecil kemungkinannya terjadi pada surat kabar. Hanya saja detik.com mengarahkan user untuk terlebih dahulu melakukan register.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline