Lihat ke Halaman Asli

Hudzaifah R

Social Media Specialist | Copywriter | Content Creator | Social Media Enthusiast

Perubahan Tren! Tahun Ini Kamu Jangan Sering Posting Konten di Media Sosial

Diperbarui: 11 Januari 2024   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://pixabay.com/id/users/wokandapix-614097/

Kalau biasanya para kreator dianjurkan untuk konsisten mengunggah konten setiap hari supaya akunnya cepat naik, berbeda dengan tren tahun ini karena kamu tidak perlu lagi terlalu sering melakukannya. Kenapa?

Menurut data Social Media Trends 2024 dari HootSuite, ternyata penyebab orang unfollow akun bukan karena jarang mengunggah konten di media sosial tetapi malah karena terlalu sering mengunggah konten yang bersifat promosi.

Sumber gambar: HootSuite

Apalagi melihat algoritma saat ini, dimana yang muncul di beranda instagram adalah konten-konten yang telah beberapa hari yang lalu diunggah dan bukan konten-konten yang baru. Dari sini bisa kita lihat bahwa kualitas konten lebih penting daripada kuantitas.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membuat konten yang berkualitas agar masa edarnya di media sosial bisa bertahan lebih lama. Karena menurut data dari HootSuite, alasan lain penyebab akun media sosial susah untuk naik adalah konten yang diunggah memiliki kualitas yang rendah.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan agar kontenmu beredar bisa lebih lama adalah membuat konten yang evergreen atau bisa relevan untuk waktu yang lama. Contoh konten yang evergreen adalah konten vlog, storytelling menceritakan belakang layar, tutorial, cerita pengalaman pribadi, konten series, dan lainnya.

Nah, bagaimana sih cara membuat konten yang evergreen? Kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini!

Pilih Topik Konten Yang Tepat

Untuk membuat konten yang evergreen, kamu harus memilih topik yang bisa relevan sepanjang waktu. Jangan membuat konten yang sifatnya sedang tren karena biasanya diawal akan tinggi dan turun juga cukup cepat mengikuti waktu tren tersebut.

Gunakan Keyword Yang Spesifik dan Sesuai Target Marketmu

Saat ini, media sosial sudah dijadikan sebagai search engine bagi kebanyakan orang. Maka dari itu, penting untuk kamu menggunakan keyword yang spesifik dan sesuai dengan target audiencemu. Kamu bisa mencantumkannya di bagian caption, title di video, ataupun pada bagian hashtag.

Hindari Menyertakan Tanggal atau Konteks Waktu yang Spesifik

Ini penting untuk dihindari karena jika kontenmu lewat pada beranda di waktu ketika tren tersebut sudah ketinggalan zaman maka kontenmu akan dilewati karena dianggap sudah tidak relevan. Maka sebisa mungkin untuk tidak membuat konten dengan mencantumkan waktu yang spesifik jika mau konten evergreen.

Libatkan Audience dengan Pertanyaan dan Diskusi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline