Lihat ke Halaman Asli

Guru Inspiratif

Diperbarui: 26 November 2018   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berhubung masih dalam suasana memperingati hari guru nasional, saya ingin mengucapkan selamat hari guru untuk semua guru-guru kehidupan yang telah melepaskan kita dari belenggu ketidaktahuan, semoga Ibu Bapak Guru sekalian selalu diberikan kesehata dan kesejahteraan. 

Bicara soal guru, kalian pasti punya sosok guru yang inspiratif bagi kehidupaan kalin kan yess???

Saya punya banyak, tapi ada salah seorang sosok guru yang sangat berkesan bagi saya karena kepedulian, kesederhaan dan ketulusannya. Sebenarnya beliau adalah kepala sekolah saya semasa SD, tetapi beliau sering masuk kelas untuk menggantikan guru yang berhalangan hadir. saya paling senang ketika beliau memberikan pelajaran matematika dan juga bahasa sunda, beliau menjelaskan sampai kami mengerti, lebih dari itu beliau juga sosok guru yang sering sekali menyelipkan nilai-nilai moral disela-sela belajar melalui cerita kehidupannya. 

Beliau juga tak segan untuk mempersilahkan kami datang ke ruangannya untuk menanyakan materi yang tidak kami mengerti ditengah kesibukannya sebagai kepala sekolah. Tak jarang beliau juga mengadakan kelas tambahan sepulang sekolah, meskipun siswa yang berminat ikut kelas tambahan hanya  bisa dihitung jari. Walaupun begitu, beliau sering memberikan motivasi kepada kami yang ikut kelas tambahan. 

Dari sejak itu saya menjadi suka banget pelajaran matematika, bayangkan guysss saya pernah suka banget pelajaran matematika dan bercita-cita ingin menjadi guru matematika:'') 

Sering sekali saya keluar masuk ruangan beliau untuk memerikasakan latihan soal yang sudah kukerjakan, sampai akhirnya saya diberikan kesempatan untuk mewakili sekolah mengikuti lomba  matematika dan hasilnya juga lumayan, juara 2 tingkat kecamatan wkwkwkwk ok, itu bukan sesuatu yang bisa disombongkan anyway :'') 

Selain itu, beliau juga sosok kepala sekolah yang sangat disiplin, beliau selalu datang paling pagi, walaupun begitu beliau adalah orang yang sangat sederhana sekali. FYI juga gaisss, sekolahku dulu merupakan sekolah yang . . . .hmmm kalo anak sekolah tetangga bilangnya "sekolah reottt", tapi kami engga marah dibilang begitu karena memang keadaannya seperti itu wkwk.  

Pernah saat kami asik belajar tiba-tiba hujan lebat dan kami harus geser-geser bangku supaya tidak terkena tetesan air yang menerobos masuk melewati genteng-genteng yang sudah berlubang :" tapi kami tetep semangat belajar kok, belajar tabah :D

oh yaaa, dosen pembimbing skripsiku juga merupakan salah satu sosok guru yang inspiratif bagi saya, beliau adalah sosok dosen yang selalu haus akan pengetahuan, soleh dan juga humble. Bayangkan saja diusianya yang berkepala empat, beliau sudah memiliki enam gelar akademik. 

Meskipun begitu, ditengah kesibukannya  beliau tetap humble, beliau selalu memiliki waktu untuk membalas WA mahasiswa-mahasiswanya yang haus akan bimbingan, beliau tidak pernah membuat mahasiswanya menunggu untuk bimbingan, jika beliau sedang tidak ada waktu untuk bimbingan, hal yang dilakukan oleh beliau adalah meminta kami untuk menyimpan berkas bimbingan dimejanya dan keesokannya berkas bimbingan sudah dipenuhi dengan coretan-coretan yang menandakan berkas siap untuk direvisi. 

Tak lupa setiap kali saya mengirim pesan untuk bimbingan, beliau selalu mengingatkan saya untuk sholat duha, dan juga tahajjud, itu hampir setiap hari beliau lakukan, karena hampir setiap hari saya minta bimbingan :D Kebayangkan betapa humblenya beliau, walaupun sudah menyandang gelar profesor tapi beliau tidak pernah mengabaikan pesan WA mahasiswanya ditengah kesibukannya. 

Nahhh itulah sosok sosok guru yang sangat inspiratif bagi saya, bagaimana sosok guru inspiratifmu?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline