Lihat ke Halaman Asli

Roleplay of Responsibility

Diperbarui: 12 Juni 2024   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Divisi CSR

Bagaimana peran perusahaan dalam mengatasi berbagai permasalaan sosial? 

Sebuah perusahaan yang berdiri dengan pengorbanan dan dampak yang tidak sepenuhnya positif tentu perlu mempertanggungjawabkan itu semua. Dalam hal ini, perusahaan memiliki section tersendiri dalam mengurus hal itu. Entah menempat di mana, setiap perusahaan yang taat aturan harus memiliki CSR atau Company Social Responsibility yang artinya tanggung jawab sosial perusahaan yang muncul sebagai jawaban atas dampak negatif perusahaan dan seakan menjadi ganti rugi bagi terdampak. 

Untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang up to date dan up to grade, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri Kudus memberikan kuliah manajemen CSR kepada mahasiswanya. 

Dan pada akhirnya, mahasiswa diminta untuk menyusun program CSR dengan label perusahaan yang dibuat sendiri sebagai role play dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

PT Crystal Clear atau lebih akrab dengan CCC (Crystal Clear Company) melaksanakan program CSR di bidang pendidikan dan sosial. Sebagai perusahaan yang berdampak negatif dalam limbah kimia dan menyediakan fasilitas bagi anak di bawah umur untuk berias tidak sesuai umur, sudah sepantasnya company ini melaksanakan CSR.

Divisi CSR yang berada di bawah manajerial Muhammad Huda telah sukses menarik setidaknya 19 pemuda RT 04 RW 03 Desa Sidomulyo, Jekulo, Kudus (09/06 2024) untuk membangun kesadaran terkait kebersihan dan kesehatan islami. 

Berjudul "Edukasi Pola Hidup Islami: Bersih dan Sehat", program ini bertujuan untuk membangun kesadaran pemuda terkait pola hidup bersih sehat yang sudah diajarkan dalam islam. Dalam hal ini, program diawali dengan pembukaan dari Manajer Divisi CSR, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh kabid studi dan kesehatan yang ada di bawah naungan Divisi CSR CCC. 

Materi pertama disampaikan mengenai mengapa kita perlu menjaga tubuh agar tetap bersih dan sehat. Alasan utamanya adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmat sehat, dan juga memberi kebahagiaan pada sesama dengan menjadi pribadi yang bersih dan sehat sebagai bentuk hablumminannas. 

Dilanjutkan materi kedua tentang contoh-contoh pola hidup islami beserta penerapannya, yaitu antara lain wudhu, mandi, makan makanan bergizi, dan juga berolahraga. 

Dokumentasi Pribadi Divisi CSR

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline