Lihat ke Halaman Asli

WINDA WATI

GURU SD

Best Parctices PPL 1

Diperbarui: 6 Juni 2023   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemanfaatan Video Pembelajaran dan Media Permainan Dakon

Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Pembagian Bilangan Bersisa

Pada Peserta Didik Kelas IV Tunagrahita di SD Negeri Petoran Surakarta

Tahun 2022/ 2023

Oleh : Winda Wati, S.Pd

 

Tunagrahita atau disabilitas intelektual merupakan istilah resmi yang digunakan di Indonesia untuk menyebut suatu keadaan yang terjadi pada individu dengan kemampuan intelektual yang mengalami gangguan karena tingkat kecerdasan yang berada di bawah rata-rata (Panzilion et al., 2021; Rojabtiyah, 2019; Wulandari, 2016).

Berdasarkan tingkatannya, tunagrahita dibagi menjadi 4 kategori, yaitu: tunagrahita ringan (dengan IQ: 51-70), tunagrahita sedang (dengan IQ: 36- 51), tunagrahita berat (dengan IQ: 20- 35), tunagrahita sangat berat (dengan IQ di bawah 20) (Rojabtiyah, 2019).

Meskipun mereka mengalami banyak hambatan  dalam kemampuan literasi, bina diri, kemampuan untuk mengendalikan diri, ketrampilan berkomunikasi, bersosialisasi serta kemampuan dalam berhitung (matematika), tetapi mereka mempunyai hak yang sama mendapatkan pendidikan yang layak.

Kemampuan berhitung pada anak tunagrahita memiliki manfaat untuk aktifitas sehari-hari, misalnya pada saat membeli bahan makanan atau membeli perlengkapan, mengelola keuangan secara sederhana, membeli obat-obatan, menggunakan transportasi umum. Selain itu kemampuan berhitung juga merupakan dasar kesiapan anak tunagrahita untuk mengikuti pendidikan.

Anak tuna grahita mengalami kesulitan di dalam berhitung. Anak tunagrahita juga memiliki kekurangan dalam mempelajari konsep berhitung misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline