Lihat ke Halaman Asli

Cinta Kilat di Kantin Bunda

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

“Apa…. Putus?, Serius lu Yas..? Bukannya selama ini hubungan lu bedua keliatan baik-baik aja?”

“Gue punya cewek lain By”

“Appaaa….” Ucapan gue kali ini membuat seantero kantin langsung memandang ke arah kami, gimana gue gak terkejut coba. Ya kalo cuma kata putus sih gak terlalu masalah buat gue, nah ini alasannya yang bikin gue kebakaran jenggot.

Masa iya, seorang Ilyas yang setahu gue selama ini punya watak lempeng, lurus, gak neko-neko, ibarat mengutif istilah sih sepuluh betul orangnya, bisa juga ngeduain pacarnya yang gak kalah baik sama dia. Parahnya lagi ya, itu ceweknya temen akrab gue dari Es De. Gimana gue gek mencak-mencak coba..?

“Udahlah By, gak usah dipanjangin. Masa kita jadi ribut cuma gara-gara cewek doank, kan gak lucu.!”

“Cuma, kata lu..?? Gue gak ngerti ya jalan fikiran lu”

“Gue janji, gue bakal mutusin dua-duanya. Terus gak bakal pacaran lagi sampe kita lulus sekolah”

“Gue pegang janji lu”

***

Satu tahun lebih Ilyas masih bisa memenuhi janjinya untuk terus hidup tanpa pacaran, sampai akhirnya dua bulan menjelang ujian akhir semester genap, penyakitnya kambuh lagi. Diam-diam dibelakang gue dia udah punya cewek, adik kelas lagi. Gue marah besar, marah bukan karena dia punya cewek lagi, tapi marah karena dia udah ingkari janji yang dia buat sendiri.

“Bilang aja kalo lu ngiri ama gue By, lu gak bisa dengan gampang dapetin cewek kayak gue”

“OK… bakalan gue buktiin sama lu, kalo gue juga bisa punya pacar kayak lu. Emang lu pikir gue gak kesiksa apa selama ini dibilang maho cuma gara-gara nepatin janji lu. Dan sekarang apa.? Lu jilat ludah lu sendiri.!!”

Mulai saat itu terjadi perang dingin antara gue dan Ilyas, meski masih duduk satu bangku tapi komunikasi kita udah gak selancar dulu lagi. Ilyas sibuk dengan pacar barunya dan begitu juga dengan gue, sibuk berjuang mencari pacar.

Gue yang gak biasanya nimbrung sama anak-anak kelas yang lagi pada ngumpul baik cewek maupun cowok sekarang mencoba ikut gabung. Yah, meski mereka rada aneh tapi gue nyantai aja.

“Li.. Lu deket gak sama Vira, anak kelas sebelas IPA 2..?” Gue nanya ke Syerli temen sekelas gue.

“Vira… ooo Vira itu, ya ya gue kenal, emang kenapa By.? Eits jangan bilang kalo lu suka sama tu cewek, cieee si Roby udah bisa jatuh cinta” jawab Syerli menggoda gue.

Tiga hari berikutnya gak tau gimana caranya si Syerli, tiba-tiba gue udah bisa jalan aja ama tu cewek. Tapi bukan jalan ke luar lho, melainkan cuma jalan keliling sekolah aja, mulai dari kantin, lapangan basket, taman, sampe ke perpus. Ternyata dia orangnya nyenengin, enak diajak ngobrol, nyambung gitu.

Maklum ya, ternyata kita bedua tu sama. Sama-sama belum punya pacar dan sama-sama belum begitu ngerti apa yang dinamakan cinta. Pokoknya menurut kita yah inilah cinta. Hari pertama gue kenalan langsung jalan, besoknya ketemu lagi gue langsung nembak dia dan bagusnya dia terima, n’ finally jadilah hari itu kita inget sebagai hari jadian kita bedua. Gak percaya ya..? tapi beneran itu yang gue bilang cinta kilat. Hari pertama kenalan hari kedua langsung jadian. Dan usut punya usut ternyata sebelum ini dia juga udah tau kalo gue suka sama dia, pas gue ngobrol ama Syerli di kantin dulu, ada temen sekelasnya yang gak sengaja denger, ya pantes aja…

***

01 Agustus, ini hari bahagia banget buat gue. Sweet seventeen gue dapet kejutan dari temen sekelas dan yang paling membuat gue tersenyum, ini ulang tahun pertama gue potong kue buat orang special. Ya, sekarang Vira udah jadi orang special dalam hidup gue. Ilyas juga ternyata masih inget hari ulang tahun gue, terbukti meski secara diam-diam dia masih naro kado ke kolong meja gue. Sekarang kita udah kelas dua belas dan entah ini yang disebut kebetulan atau emang udah digariskan, gue satu kelas ama Vira dan hubungan kita semakin lengket.

Sementara Ilyas, sejauh ini gue denger udah empat kali dia gonta ganti cewek. Dasar tu anak kayaknya gak bisa banget kalo hidupnya gak dikelilingi sama cewek-cewek cantik dan juga kayaknya gak bosen ya dia ganti pacar melulu. Sejak dekat dengan Vira emang gue jadi jarang kumpul-kumpul lagi sema temen akrab gue itu, apalagi sekarang kita udah satu kelas. Otomatis intensitas pertemuan gue sama Vira jadi makin sering. Gak ada seharipun kecuali hari libur gue lewatin ketemu sama Vira.

One year’s anyversery gue rayain berdua dengan Vira, makan romantis di “Kantin Bunda” itu nama kantin di sekolah gue yang juga menjadi tempat pertama kali gue kenalan sama Vira.

***

Ibarat pepatah jawa “Tresno Jalaran Soko Kulino (cinta bisa tumbuh seiring berjalannya waktu)”. Yah mungkn itulah yang terjadi pada gue. Gue harus terima kasih pada Syerli yang udah ngenalin gue ke Vira dan terutama buat Ilyas, kalo gak gara-gara dia ingkar janji waktu itu mungkin sampe sekarang gue gak bakalan pernah deket sama cewek yang namanya Vira ini.

Valentin tiga tahun yang lalu, itu adalah hari yang paling bahagia buat gue dan Vira, karena akhirnya setelah hampir satu dekade kita pacaran. Menjalani jatuh bangunnya sebuah hubungan. Pahit, masin, asin, asem dan segala macem rasa yang namanya cinta kayaknya udah semua kita rasain. Ya, pas hari itu kita berdua disatukan dalam ikatan sakral yang disebut dengan pernikahan.

Hari pernikahan, resepsi yang sekaligus kami jadikan ajang reuni bersama teman-teman satu kelas ketika masih putih abu-abu dulu. Memang tidak semuanya bisa hadir, tapi setidaknya itu cukup untuk mengobati rasa kangen kami setelah terpisah sekian lama dan menjalani hidup masing-masing. Ilyas juga menyempatkan hadir, dan tak lupa kali ini dia membawa gandengan baru lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline