Lihat ke Halaman Asli

Syaiful Rohman R

SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Penerapan Penilaian Teman Sejawat (Peer Assessment) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi

Diperbarui: 3 Oktober 2024   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pendahuluan

Penilaian Teman Sejawat, atau Peer Assessment, adalah proses di mana siswa menilai pekerjaan atau kontribusi teman sekelas mereka. Metode ini tidak hanya membantu siswa memahami kriteria penilaian yang ditetapkan tetapi juga mendorong keterlibatan aktif dalam proses belajar. 

alam konteks pembelajaran biologi, Peer Assessment dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan evaluasi. Penulis akan membahas penerapan Peer Assessment dalam pembelajaran biologi, manfaat, metode, dan tantangan serta solusi untuk implementasi yang efektif.

Konsep Penilaian Teman Sejawat

Definisi dan Tujuan

Penilaian Teman Sejawat adalah metode di mana siswa melakukan penilaian terhadap pekerjaan atau kinerja teman sekelas mereka. Tujuan utamanya adalah:

- Meningkatkan Pemahaman: Membantu siswa memahami materi dengan lebih baik melalui evaluasi dan umpan balik.

- Mengembangkan Keterampilan Kritis: Melatih siswa untuk berpikir kritis dan objektif dalam menilai karya orang lain.

- Meningkatkan Keterlibatan: Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dengan memberi mereka tanggung jawab tambahan.

Manfaat dalam Pembelajaran Biologi

- Pemahaman Materi: Melalui penilaian teman, siswa dapat mendalami materi biologi dengan lebih mendetail dan melihat perspektif berbeda dari rekan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline