Lihat ke Halaman Asli

Syaiful Rohman R

SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Penerapan Pembelajaran Berbasis Game (Gamification) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi

Diperbarui: 29 September 2024   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pendahuluan

Latar Belakang

Pembelajaran berbasis game, atau gamification, mengacu pada penerapan elemen dan prinsip permainan dalam konteks non-permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Dalam pendidikan, gamification dapat mengubah cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran, menjadikannya lebih menarik dan menyenangkan. Terutama dalam pembelajaran biologi, yang sering kali melibatkan konsep-konsep kompleks dan memerlukan pemahaman mendalam, gamification dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.

Tujuan 

1. Menjelaskan konsep dan prinsip gamification dalam konteks pendidikan.

2. Menguraikan cara-cara penerapan gamification dalam pembelajaran biologi.

3. Menyediakan contoh konkret dan studi kasus tentang penggunaan gamification untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.

4. Membahas manfaat, tantangan, dan strategi sukses dalam penerapan gamification di kelas biologi.

Konsep dan Prinsip Gamification

a. Definisi Gamification

Gamification adalah penggunaan elemen permainan, seperti poin, lencana, papan peringkat, dan tantangan, dalam konteks non-permainan untuk memotivasi dan meningkatkan partisipasi. Elemen-elemen ini dirancang untuk membuat aktivitas lebih menarik dan menyenangkan, serta untuk mendorong perilaku yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline