Lihat ke Halaman Asli

Syaiful Rohman R

SMA Negeri 1 Sampang, Madura

45 Murid SMAN 1 Sampang Ikuti OSN-K Tahun 2023

Diperbarui: 6 April 2023   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat murid SMA/MA, SMP/MTs dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang dilakukan secara berjenjang mulai tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

Pada tahun 2023, mulai hari Rabu (05/04) sampai dengan hari Kamis (06/4/2023) telah berlangsung Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) 2023 Jenjang SMA/MA. Untuk OSN tahun 2023 mengusung tema: "Berprestasi Membangun Kolaborasi" dengan tagar #berprestasimembangunkolaborasi#MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi.

Dok. pribadi

Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan OSN ini, antara lain: (a) terselenggaranya seleksi peserta OSN bidang matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi sampai tingkat nasional, (b) terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (OSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (OSN-P), terseleksinya pemenang OSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (OSN), (c) terpilihnya peserta terbaik dari OSN yang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade tingkat internasional, dan (d) terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

Dok. pribadi

Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan dalam jaringan (daring) di sekolah masing-masing. Adapun bidang yang dilombakan dalam OSN-K tahun 2023 meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. Pada hari Rabu, 05 April 2023 dilakukan seleksi untuk 4 (empat) bidang lomba, yaitu fisika, biologi, ekonomi, dan geografi. Selanjutnya pada hari Kamis, 06 April 2023 dilakukan seleksi untuk 5 (lima) bidang lomba, yaitu matematika, informatika/komputer, astronomi, kebumian, dan kimia.

Kepala SMAN 1 Sampang (Bapak Sukardi) mengungkapkan bahwa SMAN 1 Sampang juga ikut berperan aktif dalam OSN-K Tahun 2023. Sekolah kami mengirimkan 5 (lima) orang murid terbaik untuk setiap bidang keilmuan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 45 (empat puluh lima) murid. Pembimbingan dan pembinaan kepada para murid, belajar bersama, try out, dan belajar mandiri sudah kami lakukan sejak 3 bulan yang lalu (mulai bulan Januari s/d Maret 2023) sampai dengan H-3 pelaksanaan OSN-K tahun 2023 ini.

Dok. pribadi

"Sesuai dengan tema OSN-K Tahun 2023 yaitu "Berprestasi Membangun Kolaborasi", Pihak sekolah berharap semua murid yang berjuang dalam OSN-K ini bisa mencapai hasil dan prestasi yang optimal, dan lolos serta melanjutkan OSN tingkat Propinsi (OSN-P), bahkan kalau bisa menuju OSN tingkat Nasional (OSN) dan Olimpiade Sains tingkat Internasional (ISO). Ikhtiar secara lahir dan batin telah kami lakukan, ditambah dukungan doa dari semua bapak/ibu guru, saya yakin murid kita mampu mengerjakan dengan baik dan benar, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan",ungkap beliau dengan senyum khasnya.

Dok. pribadi

Akhirnya, selamat dan sukses untuk seluruh murid yang ikut berperan serta dalam OSN-K tahun 2023 ini. Semoga hasil dan prestasi kalian semua menjadi kebanggaan bagi orang tua, bapak/ibu guru, almamater, kabupaten, provinsi, bangsa dan negara serta menjadi anak yang sholeh dan sholehah, ilmunya barokah. Aamiin ....

(syafara)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline