Lihat ke Halaman Asli

Sri Wahyuni

isu perempuan

5 Kesalahan Pemakaian Tampon yang Wajib Kamu Hindari

Diperbarui: 15 Maret 2022   17:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Canva Pro

Kurangnya informasi terkait penggunaan tampon di Indonesia membuat banyak perempuan mendapatkan informasi yang salah terkait pemakaian tampon. Hal ini bisa cukup fatal terhadap kesehatan dan juga kenyamanan pada saat pemakaian. 

Pemakaian tampon yang salah bisa membuat kamu kapok menggunakan tampon karena ketidaknyamanan yang kamu rasakan, padahal pemakaian tampon sangat membantu wanita pada saat menstruasi terutama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang cukup aktif, seperti olah raga, travelling, dan sebagainya.

Berikut kesalahan pemakaian tampon yang kamu wajib hindari:

1.   Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah pemakaian tampon

Kebersihan sangatlah penting selama siklus menstruasi Anda. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memasukkan tampon dan jangan pernah membuang tampon bekas ke toilet. 

Tangan yang penuh bakteri akan tertransfer ke vagina Anda jika Anda tidak mencuci tangan, tentu saja ini sangat berbahaya untuk kesehatan vagina Anda.

2.   Menggunakan tampon dengan daya serap yang lebih besar dari yang dibutuhkan

Penggunaan tampon besar seperti super, super plus, atau ultra saat aliran darah lebih ringan dapat menyerap pelumasan alami Anda terlalu cepat, membuat pemasangan menjadi tidak nyaman. 

Anda akan merasa "keset" karena vaginanya tidak cukup licin untuk ukuran tersebut. 

Selain itu, menggunakan tampon yang ukurannya lebih besar dapat meningkatkan risiko terkena toxic shock syndrom, penyakit yang diakibatkan oleh berkembangnya bakteri karena pemakaian tampon atau menstrual cup yang terlalu lama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline