Lihat ke Halaman Asli

Hery Syofyan

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Tiga dari 40 Pemain Timnas Piala AFF 2016, Lolos Tampa Seleksi

Diperbarui: 26 Oktober 2016   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pikiran Rakyat

PSSI secara resmi telah mengumumkan skuat timnas untuk Piala AFF telah didaftarkan sebanyak 40 pemain. Setelah sebelumnya kita dikejutkan dengan masuknya nama Stefano Lilipaly yang bermain di kompetisis sepakbola Belanda membela klub nya Telstar, Kini kita kembali dikagetkan dengan masuknya dua pemain tambahan melengkapi 40 pemain yang didaftarkan oleh Opa Riedl ke AFF 2016 ini. Kedua pemaijn tersebut adalah bek Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo, dan Samsul Arif striker asal Persib Bandung. Ketiganya sama sekali belum pernah sekalipun mengikuti berbagai seleksi yang telah dilakukan Opa Riedl guna persiapan timnas Piala AFF 2016 ini. 

Dari ketiganya, kecuali striker Persib Bandung Samsul Arif sesungguhnya sudah pernah dipangil untuk mengikuti seleksi di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Agustus 2016 lalu. Namun ia batal bergabung dengan skuat Timnas Indonesia kala itu lantaran mengalami cedera lutut kanannya kala pertandingan Persib Bandung kontra Barito Putera, tiga hari sebelum seleksi dilakukan. 

Samsul Arif saat ini memang seperti yang diberitakan sudah pulih dari cidera yang menimpanya. Namun kalau dilihat dari catatanya bersama Persib sepertinya ia lebih banyak menjadi pemain penganti. Sementara dipoisinya tersebut lebih banyak diisi oleh Sergio van Dijk. Selama berlangsungnya ISC tercatat ia hanya bermain sebanyak 17 kali/laga. Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, sepertinya lebih mempercayai striker naturalisasi Indonesia itu sebagai pemain utama di lini depan Maung Bandung. Namun ternyata walaupun begitu Syamsul rupanya tetap menjadi salah satu pilihan bagi Opa Riedl ketimbang Sergio van Dijk.

JuaraNews Inspirasi Semangat Muda

Apa lagi kalau melihat ke data statistik Sergio van Dijk sudah mengemas lima gol untuk Persib, sementara Syamsul Arif baru mencetak dua gol. Statistik lain pun ia tak terlalu menonjol. Seperti dilansir situs resmi TSC 2016, Samsul memiliki persentase yang tidak terlalu tinggi, seperti akurasi tembakan yang hanya 63 persen dan dribel sukses yang hanya 48 persen. Catatan itu tentu dapat dikatakan sangat kurang bagi seorang striker. Samsul Arif namun untuk itu Kalaupun kini ia kembali dipanggil tentu ada pertimbangan khusus dari Opa Riedl kenapa dia kembali memasukkannya nama Samsul ke dalam daftar 40 pemain tersebut.

Mengomentari pemangilanya kali ini Samsul mengatakan ia termotivasi untuk bisa memperbaiki performanya untuk itu ia merasa perlu beradaptasi lagi, kerja keras siap dilakukannya demi bisa masuk dalam 23 pemain yang akan berangkat ke Piala AFF 2016. "Tentu ini menjadi motivasi bagi saya untuk bekerja lebih keras lagi, bukan hanya di Timnas Indonesia tetapi juga di Persib. Yang pasti saya harus tetap beradaptasi, mungkin hanya tinggal penyesuaian karena saya sudah siap terutama karena pernah bekerja sama dengan Alfred Riedl," ungkap Samsul Arif.

Sementara itu Gunawan Dwi Cahyo. Malah tidak sekalipun mendapatkan panggilan selama beberapa kali pemusatan latihan dan uji coba yang dilakukan Skuad Timnas Piala AFF 2016 ini sejak Agustus hingga Oktober 2016 ini. Gunawan terakhir membela timnas pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 silam kala timnas berhaddapan dengan Bahrain Februari 2012.   

JPNN.com

Sepertinya Opa Riedl melihat kepada kebutuhan tim akan pemain belakang,  apa lagi Gunawan sebagai bek tengah namun ia saat ini menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak bagi timnya Macan Kemayoran dengan raihan empat gol. Dimana hasil itu justru lebih baik dari Raihan Strikernya Greg Nwokolo yang baru mengoleksi tiga gol, sementara Ramdani Lestaluhu dan Ade Jantra yang baru mengemas dua gol.

Dari sisi Postur tinggi badan pun Gunawan Dwi Cahyo dinilai ideal sebagai seorang pemain belakang terutama untuk melakukan duel udara dengan penyerang-penyerang lawan. Empat gol yang dicetaknya itu pun menjadi bukti bahwa pemain ini memiliki inisiatif membantu penyerangan dalam kondisi tertentu.

Kalau dilihat dari catatan statistiknya pun, ia memiliki catatan statistik yang lumayan baik bersama Persija. Gunawan melakukan 85 persen operan dan umpan silang yang dilakukannya pun sukses 100 persen di sepanjang TSC 2016 ini. Selain itu, Gunawan juga memiliki statistik yang cukup baik terkait akurasi tekelnya yang  mencapai 65 persen.

World News

Dengan catatan statistik tersebut, tentu masuk akal jika Opa Riedl mendaftarkannya untuk ikut dalam skuat sementara Timnas Indonesia ini. Namun untuk itu tentu Gunawan harus bisa membuktikan kualitasnya pada pemusatan latihan terakhir Timnas Indonesia nanti selepas kembali dari Myanmar dan Vietnam 4 dan 8 November 2016 nanti.

Sementara itu satu-satunya pemain naturalisasi yang masuk dalam daftar pemain yang dilaporkan ke AFF sebagai skuat Indonesia nantinya adalah Stevano Lilipaly. Stefano saat ini bermain di SC Telstar Belanda. Seperti yang diberitakan Stefano Lilipaly sudah  dikonfirmasi oleh klubnya bahwa ia akan bergabung dengan Timnas Indonesia pada 4 November 2016.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline