Lihat ke Halaman Asli

Hery Syofyan

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Perjudian MU Belanja Pemain 3,3 Triliun di Musim 2014/15

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : www.bbc.com

Selamat pagi semua ……. dalam beberapa hari ini ramai diberitakan terkait Piala Liga Ingris dimana Manchester United yang sukses di kompetisi tour Pramusim dengan tampil sebagai juara, tapi pada kenyataannya di awal Piala Liga ini MU tampil terseok-seok kalah 1-2 dari Swansea City, dan bermain imbang 1-1 dengan Sunderland, terakhir kalah telak 4-0 dari klub yang nota bene berasal dari kasta ketiga 3  Liga Ingris yaitu dari MK Dons, yang sekaligus dengan kekalahan ini membuat  posisi Manchester United praktis tersingkir dari ajang Piala Liga 2014/15.

Ini untuk pertama kalinya MU gagal di piala Liga ini sejak 1995 sementara itu, tentu bagi MK Dons ini merupakan catatan sejarah hebat sebagai klub dari kasta lebih rendah pertama yang mampu membobol gawang MU hingga 4 kali tampa balas di ajang Piala Liga dengan kegagalan ini membuat peluang MU untuk meraih gelar pada musim ini, hanya menyisakan sebatas Premier League dan Piala FA saja.

Ditengah kesialan yang menimpa MU ini juga terdengar kabar kedatangan bintang Argentina yang bermain di untuk klub Real Madrid yaitu Angel Di Maria yang berhasil digaet MU dari Jendela Transfer musim ini, hebatnya lagi dengan harga transfer yang mencengangkan yang sekaligus menempatkan Di Maria sebagai pemain termahal yang berlaga di Liga Premier Ingris untuk musim 2014/15 ini dengan harga sebesar 75 juta euro atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Memang kalau kita ikuti dari daftar berlanja pemain yang sudah dilakukan Manchester United sampai dengan saat ini dimana telah mencapai angka 216,2 juta euro atau setara dengan Rp 3,3 triliun “hanya” untuk mendatangkan lima pemain saja.

Semua itu dimulai sejak Januari 2014 lalu, saat MU merekrut gelandang serang klub Chelsea, Juan Mata seharga 44,7 juta euro atau setara dengan Rp 692 miliar harga ini menjadikan Mata sebagai rekrutan kedua termahal MU di tahun 2014 ini.

Selanjutnya MU kembali mendatangkan bek sayap Inggris, Luke Shaw, dari Southampton seharga 39,5 juta euro atau Rp 609 miliar, dimana akhirnya pembelian ini sempat mendapat keritikan dari berbagai pihak karena dinilai terlalu tinggi untuk pembelian seorang Luke Shaw yang kalau dilihat dari kebintangannya dengan berposisi sebagai bek kiri belum memiliki banyak pengalaman di ajang kompetitif.

Kemudian MU juga mendatangkan Gelandang asal Spanyol, Ander Herrera, Juli lalu dari Athletic Bilbao seharga 37 juta euro atau Rp 570 miliar setelah itu diikuti dengan pembelian terhadap Marcos Rojo bintang Argentina di piala dunia 2014 Brazil yang lalu, dari klub Sporting Lisbon seharga 20 juta euro atau Rp 308 miliar.

Dan yang terakhir seperti yang baru saja kita ketahui MU berhasil mendatangkan Di Maria dengan memunculkan sebuah rekor sebagai pemain “termahal” dalam sejarah transfer pemain sepak bola asing di Liga Inggris, dengan rekor transfer seharga 75 juta euro atau Rp 1,1 triliun dan mendapatkan gaji perminggunya sebesar £190.000 atau sekitar Rp3,7 miliar. Transfer Di Maria ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Chelsea ketika memboyong Fernando Torres dari Liverpool sebesar 50 juta Pound Sterling atau sekitar Rp 971 miliar.

Memang harus diakui sebelum ini Di Maria termasuk pemain yang berperan penting dalam menyukseskan Real Madrid dalam menggondol trofi Liga Champions dan Copa del Rey dimusim lalu, namun fakta yang terjadi saat ini sejak kedatangan Toni Kroos dan James Rodriguez di kubu Real Madrid sepertinya Di Maria menjadi pemain yang tersisihkan.

Karena itulah timbul berbagai rumor terkait Kesuksesan Manchester United dalam merekrut Angel Di Maria ini yang salah satunya dari Mantan gelandang Manchester United sendiri yaitu Ray Wilkins yang seperti diberitakan mengaku sedih melihat mantan klubnya menggelontorkan dana sebesar ituhanya  untuk merekut Angel di Maria “Itu jumlah yang sangat banyak bagi saya. Ini termasuk menyedihkan ketika sebuah klub, saya benci menyebut itu Manchester United, menjadi begitu frustrasi karena nilai transfer itu begitu masif. Mereka mengeluarkan uang sebesar 75 juta Euro untuk seorang pemain yang tidak bisa menembus tim utama Real Madrid,” tutur Wilkins seperti dikutipTribunnews.com.

Pertanyaannya selanjutnya apakah MU pantas menggelontorkan harga 75 juta pound (Rp 1 triliun) demi seorang Di Maria? tentu jawabannya bisa ya dan bisa tidak, karena seperti yang kita ketahui dari pemberitaan yang ada, MU saat negoisasi dengan Real Madrid sesunguhnya adalah satu-satunya penawar jadi bisa dibilang Manchester United alias The Red Devils ini tidaklah memiliki "saingan" dalam pembelian Di Maria, memang ada rumor sebelum yang mengatakan bahwa Paris Saint Germain dan Manchester City (ManCity) berminat ikut dalam perburuan namun sepertinya kedua tim kaya itu tidak bisa mendatangkan pemain lagi karena terbentur regulasi finansial fair-play jadi jelas Praktis hanya MU lah yang berpeluang untuk mendapatkan Di Maria.

Dengan nilai pembelian Di Maria sebesar Rp 1,1 triliun ini tentu juga akan menjadi beban berat bagi Di Maria karena harus membuktikan bahwa dirinya pantas sebanding dengan kualitas yang dimilikinya, karena jujur seperti yang kita ketahui semua bagaimana seorang Fernando Tores gagal memperlihatkan kebintangannya di skuad Chelsea dan begitu juga dengan apa yang terjadi pada Garet Beld yang masih tengelam dalam bayangan Cristian Ronaldo alias CR7.

Jadi inti atau kesimpulannya dengan perjudian Manchester United ini mungkinkah mener Van Gal akan bisa mengembalikan kejayaan MU ? semua itu tentu masih dalam tanda tanya besar …..sementara saat ini para pendukung MU mempunyai Ekspektasi yang besar terhadap Louis van Gaal karena dilangkah awalnya sudah berhasil membuat sekuat MU tampil gagah perkasa pada laga pemanasan pada tur pramusim di International Campions Cup, dimana MU berhasil mencatatkan serentetan kemenangan dan berakhir dengan sukses membawa pulang trofi. menggasak AS Roma 3-2 dan memetk hasil imbang dari Inter Milan. Kemudian sukses mengandaskan Real Madrid 3-1 dan menghabisi Liverpool dengan skor 3-1 di partai final.

Tapi fakta yang terjadi saat ini, ternyata Manchester United tampaknya masih harus menjalani musim yang suram MU belum juga merasakan kemenangan apalagi hasil negatif yang dibuat kali ini kian menyakitkan karena MU berhasil ditumbangkan klub  yang bermain di kasta ketiga Liga yaitu MK Dons, dengan kekalahan empat gol tanpa balas yang membuat MU akhirnya harus tersingkir di babak kedua Piala Liga Inggris kali ini …… ternyata meneer Belanda ini belum mampu membuat fans bergembira walaupun pada awalnya sempat memunculkan harapan baru bagi MU untuk bisa kembali ke tempat seharusnya…..pertanyaan yang masih menjadi tandatanya besar bagi pengemar MU tentunya apakah Van Gaal mampu mengulangi kejayaan Manchester United kembali ? mari sama-sama kita tunggu saja apa yang akan terjadi…………selamat menikmati.

Borneo 28 Agustus 2014

Salam Olah Raga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline